Kamis, 12 Desember 2019

Deklarasi Madrasah Ramah Anak MTsN 1 Kolaka Timur Antusias siswa dalam permainan Tradisional

  • Jum'at, 08 November 2019 09:22 WIB
Permainan Tradisional Engrang

Tirawuta, (Inmas Sultra) --- Kamis, 7/11/2019 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kolaka Timur (Koltim) ikut serta berpartisipasi dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA) melaksanakan Deklarasi Madrasah Ramah Anak yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Timur yang diwakili oleh Kepala Seksi Haji Askar, S.Ag. Kegiatan  Sehari Belajar di Luar Kelas merupakan kegiatan yang dilaksanakan serentak secara nasional dalam rangka memperingati hari anak sedunia. MTsN 1 Koltim melaksanakan Kegiatan ini diawali dengan para guru menyambut siswa di depan gerbang masuk dengan 3 S (Senyum, Salam dan Sapa) tampak wajah-wajah penuh kegembiraan dipacarkan oleh seluruh siswa dan dewan guru. kemudian seluruh siswa, dewan guru, staf dan pengurus komite berkumpul di halaman untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza.

Kegiatan dilanjutkan dengan sarapan yang diawali dengan cuci tangan dan doa bersama sebelum dan sesudah makan, menu yang disajikan adalah makanan sehat yang di bawa oleh masing-masing siswa begitupun dengan staff dan dewan guru. Suasana sarapan begitu nikmat dan santai antara siswa dan guru dan terlihat juga ada saling bertukar menu biar makin terasa nikmat dan santainya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan memeriksa lingkungan dengan menyingkirkan segala yang bisa membahayakan siswa, tanaman bunga berduri diganti dengan bunga yang aman untuk siswa yang dipantau langsung oleh kepala madrasah Rimbu, S.Pd kemudian dilanjutkan dengan gerakan literasi seluruh siswa menuju ke depan ruang kelasnya masing-masing untuk membaca buku yang telah disediakan dan ada juga siswa yang membawa buku bacaan sendiri.

Keseruan siswa terlihat pada kegiatan senam germas, permainan tradisional, dan yel-yel. Para siswa sangat menikmati setiap gerakan yang dilakukan nampak diwajah mereka terpancar keceriaan  menunjukan rasa senang yang luar biasa. Dan yang banyak menarik perhatian adalah permainan-permainan tradisional karena permainan yang di mainkan sudah hampir punah dan nyaris terlupakan seperti : main tali, engklek, congklak, gebok (boy), engrang, gasing, kelereng dan lainnya sehingga membuat siswa sangat antusias untuk ikut bermain, yang menambah keseruan karena guru bahkan kepala madrasah juga ikut serta dalam permainan tradisional tersebut sehingga menambah keseruan, walaupun bermain dibawah terik matahari yang lumayan panas semua tidak terasa.

Menurut Kepala MTsN 1 Koltim sangat mengapresiasi pelaksanaan belajar sehari di luar kelas bisa memberikan edukasi yang lebih terhadap penguatan karakter, literasi, keimanan dan ketakwaan dan cinta terhadap lingkungan. Rimbu juga menambahkan dengan di deklarasikan Madrasah Ramah Anak maka madrasah harus mampu menjamin pemenuhan hak anak dalam proses belajar mengajar, aman, nyaman, bebas dari kekerasan dan diskriminasi.   

Sumber : -
Penulis : MUH. SAHRULLAH SYAMSUL, SEI/MTsN 1 Kolaka Timur
Editor : Syech
Dibaca : 134 kali