Selasa, 25 Februari 2020

Deklarasi Sekolah Ramah Anak, MTsN 2 Kendari gelar Sehari Belajar di Luar Kelas

  • Kamis, 07 November 2019 20:03 WIB

Kendari (Inmas)__ Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kendari ikut berpartisispasi dalam mewujudkan sekolah ramah anak dengan melakukan deklarasi Sekolah Ramah Anak melalui kegiatan Sehari Belajar Di Luar Kelas (07/11). Deklarasi ini disampaikan langsung oleh Kepala MTsN 2 Kendari, Mappataliang, S.Pd., M.Pd., MA. Kampanye “sehari Belajar di luar kelas” merupakan kegiatan yang dilakukan di  luar kelas pada hari yang telah ditentukan dan serentak dilakukan secara global, serta telah disepakati oleh seluruh masyarakat MTsN 2 Kendari, dan dilaksanakan minimal selama 3 jam.

Dimulai Dengan 3S, Senyum, sapa,dan salam guru-guru lebih dulu datang menyambut kehadiran seluruh siswa. Hal ini juga dapat menjadi penguatan pendidikan karakter bagi siswa.Setelah itu seluruh siswa berkumpul di lapangan dan bersiap menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama seluruh guru, staff dan komite madrasah. Setelah menyayikan lagu Indonesia Raya, seluruh siswa dipersilahkan untuk sarapan secara bersama-sama dan sebelumnya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, berdoa sebelum makan dan sesudah makan. Menu sarapan yang dibawa siswa merupakan menu sarapan sehat yang disiapkan oleh orang tua dengan memperhatikan kesehatan gizi yang seimbang.

Setelah sarapan bersama,  siswa diajak untuk peduli terhadap lingkungan, dengan menyingkirkan tanaman, barang atau hal-hal yang dapat membahayakan anak yang bisa menimpa siapa saja. Membiasakan diri untuk hemat energy juga menjadi salah satu agenda dalam sehari belajar di luar kelas, dengan cara memtikan lampu yang ada di madrasah. Tidak hanya itu, gerakan literasi selama kurang lebih 15 menit juga dilakukan dalam kegiatan ini, siswa membaca buku di luar kelas dan terlihat seluruh siswa Nampak antusias dalam melakukannya.

Menurut Mappataliang, kegiatan ini perlu diapresiasi, karena sehari belajar di luar kelas bisa memberi edukasi yang lebih, baik terhadap penguatan karakter, literasi, keimanan dan ketakwaan, juga disiplin dan cinta terhadap lingkungan.

“saya kira anak-anak sangat senang dengan kegiatan Sehari Belajar Di Luar Kelas, karena ini merupakan salah satu proses pembelajaran yang menyenangkan, yang di dalamnya sudah ada penguatan karakter,literasi,disiplin,dan lainnya, ditambah ada game tradisional, saya kira hal ini perlu diapresiasi” ungkapnya setelah deklarasi ramah anak.

Hal yang menarik dalam kegiatan ini, pada saat melakukan senam Germas, tepuk hak anak dan yel-yel sekolah ramah anak, serta pada saat melakukan permainan tradisional, ada yang bermain lompat tali,congklak,rangku alu dan lainnya siswa sangat antusias dan sangat gembira.

 

Sumber : -
Penulis : Nova Rina, S.Ikom/MTsN 2 Kendari
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 297 kali