Minggu, 29 November 2020

Siswa MAN 1 Baubau Nikmati Kebersamaan dalam Program Sehari belajar di Luar Kelas

  • Kamis, 07 November 2019 14:18 WIB

 

Baubau (Inmas)---“Salam# Sahabat Reigi... Ratusan siswa MAN 1 Baubau terlihat ceria mengikuti program Sehari Belajar di Luar Kelas pada Hari Anak Internasional yang berlangsung di Lapangan Serba Guna MAN 1 Baubau, Kamis pagi (7/11/2019). Meski mata haripagi cukup menyengat, mulaipukul 07.00 sampai pukul 10.00 WITA, namun antusias semua siswa tidak surut bahkan kegembiraan terpancar saat siswa mengikuti rangkaian acara demi acara dalam kegiatan tersebut.


            Kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas diawai dengan pembiasaan 3S (Senyum, Salam,dan Sapa)  antara Kepala Madrasah,  Dewan Guru, dan seuruh siswa. Mursali, S.Pd. selaku Kepala Madrasah  bersama Dewan Guru menyambut siswa di pintu gerbang masuk kampus MAN 1 Baubau. Sementara itu, para siswa yang baru datang langsung menyalami Kepala Madrasah  bersama Dewan Guru. Oleh pemandu acara, siswa yang telah bersaman dengan guru langsung diarahkan untuk duduk dengan tertib  di lapangan.

 

Bukan hanya pembiasaan  3S, kegiatan lain yang dilakukan siswa dalam program Sehari Belajar di Luar Kelas adalah pembiasaan literasi. Pada kegiatan ini,siswa diberikan kesempatan untuk membaca buku pelajaran yang ada pada setiap siswa dengan durasi sepuluh menit. Pembiasaan literasi ini merupakan program MAN 1 Baubau atas prakarsa OSIS dan MPK yang bertujuan untuk membiasakan siswa membaca bacaan  yang bermanfaat agar menambah wawasan dan pengetahuannya.

 

Kegiatan yang lebih menarik lagi dalam program Sehari Belajar di Luar Kelas adalah sarapan bersama. Sarapan bersama ini dilaksanakan setelah kegiatan membaca yangdiawali dengan kegiatan pembiasaan mencuci tangan dengan benardan membaca doa sebelummakan. Makanan yang disantap pada sarapan ini disediakan sendiri oleh siswa. Para siswa dan guru diharuskan membawa makananan masing-masing untuk sarapan bersama-sama. Keakraban tergambar saat Kepala Madrasah, Bapak-Ibu Dewan Guru duduk berhadap-hadapan dengan siswa untuk sarapan bersama-sama saling menukar makanan dan saling memberi kepada yang tidak sempat membawa makanan. Akhirnya sarapan bersama diakhiri dengan kegiatan mencuci tangan dan doa sesudah makan sebagai wujud Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

 

Beberapa kegiatan lainnya dalam rangkaian program Sehari Belajar di Luar Kelas adalah menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya tiga stanza. Selain itu, siswa bersama-sama menyanyikan lagu Mitigasi Pencegahan GempaBumi, tepuk Hak Anak, dan Yel-Yel Sekolah Ramah Anak. “Sungguh terlihat pancaran kegembiraan di wajah para siswa padahari ini.hal ini terlihat semangat siswa yangluar biasa melakukan gerakan-gerakan tepuk Hak Anak, teriakan Yel-Yel Sekolah Ramah Anak, lagu gembira MitigasiPencegahan Bencana Gempa Bumi”, Papar Mursali saat menyampaikan sambutannya di sela-sela kegiatan program Sehari Belajar di Luar Kelas.

 

Senam Germas dan permainan tradisional merupakan kegiatan dalam ProgramSehari Belajar di Luar Ruangan. Kegiatan senam germas ini sangat antusias pula diikuti oleh semua siswa dan seluruh dewan guru MAN 1 Baubau. Begitu pula dengan permainan tradisional. Permainan tradisional yang dimainkan dalam kegiatan ini adalah permainan asli rakyat Buton yaitu Ase (bermain hadang) dan permainan tradisional Sulawesi Tenggara yaitu Lulo. Permainan hadang dimainkan oleh minimal enam  orang yaitu tiga lawan tiga untuksaling menghadang pada garis-garis yang telah ditentukan. Pihak yang dianggap menang adalah pihak yang bisa lolos dari hadangan lawan hingga sampai  ke garis finis.Pada permainan ase kali ini pemainnya adalah guru melawan siswa. Permainan tradisional lulo juga dimainkan oleh guru bersama siswa. Permainan lulo ini diringi oleh musiktradsional Sultra pula dengan menampilkan gerakan-gerakan yang menunjukkan kebersamaan dan kegembiraan.

 

Ketua OSIS MAN 1 Baubau, Masriyanto mengatakan bahwa kegiatan hari ini sangat menyenangkan karena di samping kegiatan belajar yang bernuansa di luar kelas, juga karena kita bisa bermain bersama dengan teman-teman.

“Saya senang sekali dengan kegiatan hari ini karena di samping bisa akrab dengan teman-teman,juga bisa akrab dengan bapak-ibu guru,” jelas  Masriyanto.

Kegembiraan siswa pada kegiatan Program Sehari Belajar di Luar Kelas ini disambut dengan gembira pula oleh Mursali, S.Pd.selaku kepala Madrasah.

“Saya turut bergembira melihat kegembiraan yang terpancar dari waja-wajah siswa dan Bapak-ibu Guru sekalian. Jika kalian semua bahagia, orang tua kalian pun dirumah pasti bahagia, lebih-lebih saya yang di sini turut merasakan kebahagiaan ini. Mari kita lestaikan  kebersamaan dan kebahagiaan ini agar program Sekolah Ramah Anak bisa terwujud di Madrasah Kita Ini”, harap Mursali di Akhir sambutannya. (Win).

Sumber : -
Penulis : Dra. Wine Mulhamah, S.Pd/MAN 1 Bau Bau
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 251 kali