Kamis, 12 Desember 2019

“Kakak Pedi Pulang ke Rumah” Berikan Reward, Kepala Madrasah: ”Lanjutkan!”

  • Senin, 04 November 2019 22:27 WIB
Ibu Mardiana (Kepala madrasah) dan Ibu Mukminah (Peserta Latsar CPNS) foto bersama peserta didik yang mendapatkan reward

Wolo (Inmas Sultra) --- Sehubungan dengan sedang berlangsungnya tahap habituasi Latsar CPNS 2019 di satker masing-masing, salah seorang CPNS di MTs Negeri 2 Kolaka hari ini mengakhiri tahapan kegiatan rancangan aktualisasinya dengan pemberian reward kepada peserta didik dari empat kelas yang menjadi kelas target dalam rancangan aktualisasinya, (Senin, 4/11/2019).

Mukminah Daeng Siame, S.Pd. adalah CPNS yang pertama mengakhiri tahap kegiatan rancangan aktualisasinya hari ini. Pemanfaatan “Kakak Pedi Pulang ke Rumah” atau Kartu Kontrol Karakter Peserta Didik Penghubung Langsung ke Rumah adalah judul gagasan rancangan aktualisasinya yang dihabituasikan dalam masa off campuss sesuai yang dijadwalkan oleh panitia. “Kakak Pedi Pulang ke Rumah” ini menjadi sarana evaluasi sederhana yang diterapkan untuk menjalin kerja sama antara pihak sekolah dan orangtua peserta didik terkait  perkembangan karakter peserta didik. Di dalam “Kakak Pedi Pulang ke Rumah” ini bukan berisi poin-poin pelanggaran melainkan poin-poin karakter positif yang dilakukan oleh peserta didik baik di sekolah maupun di rumah yang diketahui oleh orangtua dan guru, dengan bukti cheklist, paraf dan catatan singkat dari guru maupun orangtua di setiap harinya. Hal ini bertujuan agar peserta didik lebih fokus untuk melakukan hal-hal positif dibandingkan hal-hal yang bersifat negatif. Pemberian reward ini sendiri dimaksudkan untuk mengapresiasi peserta didik yang memperoleh hasil evaluasi terbaik berdasarkan banyaknya jumlah karakter positif yang dilakukan oleh peserta didik sesuai yang termuat di dalam “Kakak Pedi pulang ke Rumah” tersebut. Ini dengan alasan karena yang terjadi selama ini adalah peserta didik cenderung dekat dengan yang namanya sanksi dibandingkan apresiasi. Sehingga, reward dari “Kakak Pedi Pulang ke Rumah ini diharapkan bisa memotivasi peserta didik untuk lebih giat melakukan pembiasaan karakter yang positif dibandingkan karakter yang negatif.

Peserta didik yang mendapatkan reward ini adalah Ananda Farel Zayddin (Kelas VII At-tawadhu), Ananda Alif Darmawan (Kelas VIII An-najh), Ananda Ayatul Suci (Kelas VIII Al-Fathonah), dan Ananda Ayu Aprilia Ali (Kelas IX As-shiddiq). Reward masing-masing diserahkan oleh wakamad kurikulum, wakamad kesiswaan, wakamad humas, dan kamad.

Kepala madrasah, Ibu Mardiana, S.Ag.,M.MPd. dalam sambutannya membuka agenda pemberian reward kepada empat orang masing-masing perwakilan peserta didik dari empat kelas yang menjadi kelas target tersebut,mengungkapkan rasa terima kasih kepada Ibu Mukminah selaku CPNS yang menggagas pemanfaatan “Kakak Pedi Pulang ke Rumah” di MTs Negeri 2 Kolaka, juga kepada wali kelas dari empat kelas target tersebut serta kepada semua bapak/ibu pembina madrasah yang sudah mendukung pelaksanaan habituasi “Kakak Pedi Pulang ke Rumah” ini. “Pemanfaatan “Kakak Pedi Pulang ke Rumah” ini harapannya harus bisa dilanjutkan pelaksanaannya untuk di semua jenjang kelas, tidak hanya yang menjadi kelas target aktualisasi. Lanjutkan setiap hal baik yang dapat mengembangkan madrasah kita”, ujarnya mengakhiri sambutan.  

Sumber : Mukminah Daeng Siame
Penulis : Mukminah Daeng Siame, S.Pd/MTsN 2 Kolaka
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 297 kali