Jum'at, 14 Agustus 2020

Peringatan Hari Santri, Kemenag Sultra Gelar Upacara

  • Selasa, 22 Oktober 2019 08:59 WIB

 

Kendari (Inmas Sultra) --- Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar upacara yang diikuti segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kanwil Kemenag Sultra, Kemenag Kota Kendari dan sejumlah Siswa-siswi Madrasah dan Santri di Kota Kendari.

Upacara yang dipusatkan di pelataran Kanwil Kemenag Sultra, berlangsung hikmat dengan suasana dan atribut khas pesantren sebagai wujud penghormatan kepada para alim, ulama dan santri seluruh Indonesia.

Kakanwil Kemenag Sultra, diwakili Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, H. Muh. Natsir ketika membacakan sambutan Menteri Agama pada upacara peringatan Hari Santri tahun 2019 mengatakan penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa berjihad mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 november tahun 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan,”ungkapnya.

Sejak ditetapkan pada tahun 2015 silam, Hari Santri Nasional Tahun 2019 mengangkat tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Isu perdamaian ini diangkat berdasarkan fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

Disamping  alasan pesantren sebagai laboratorium perdamaian, keterpilihan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) barganining position Indonesia dalam menginisiasi dan mendorong proses perdamaian dunia semakin kuat dan nyata.

“Menjadi memontum bagi seluruh elemen bangsa  terutama kalangan santri Indonesia agar turut berperan aktif dan terdepan mengemban misi dan menyampaikan pesan perdamaian di dunia internasional,”serunya.

Rangkaian upacara peringatan hari santri nasional tahun 2019 diisi dengan mengheningkan cipta bagi para syuhada, dan ulama yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa, serta persembahan lagu hari santri nasional.

Peringatan hari santri tahun 2019 terasa istimewa dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Hal ini memastikan pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan tetapi juga fungsi dakwah dan pengabdian kepada masyarakat dengan kekhasan dan kemandiriannya. Dengan Undang-Undang ini pula tamatan pesantren memiliki hak yang sama dengan tamatan lainnya.

SELAMAT HARI SANTRI 2019, SANTRI INDONESIA UNTUK PERDAMAIAN DUNIA

Sumber : -
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 982 kali