Sabtu, 23 November 2019

Inspektorat Jendral Wilayah I kembali Lakukan Sosialisasi Audit Kinerja 2.0 lingkup Madrasah se Sultra

  • Kamis, 17 Oktober 2019 19:59 WIB

Kendari (Inmas Sultra)--- Setelah melakukan pembinaan Audit Kinerja 2.0 Berbasis Tugas dan  Fungsi (tusi) pada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra), Inspektorat Jendral  Wilayah I Kemenag RI, Dr. H. Kusoy, M.Si  kembali melakukan sosialisasi pada satuan kerja (Satker) lingkup Madrasah se Sultra, Kamis (17/10), bertempat di Aula Kanwil Kemenag Sultra.

81 peserta merupakan para kepala Madrasah se Sultra hadir dalam kesempatan tersebut dalam rangka Sosialisasi Audit Kinerja 2.0 Berbasis Tugas dan Fungsi yang akan dilaksanakan  tahun 2019 dan 2020 mendatang.

Didampingi Kakanwil Kemenag Sultra, H. Abdul Kadir, Kabag TU Kanwil Kemenag Sultra, H.Joko, serta para Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Sultra, Inspektorat Jendral Wilayah I ini menjelaskan  terkait audit kinerja berbasis tugas dan fungsi bahwa Kepala Madrasah  dituntut untuk mampu menggerakkan, memimpin, dan mengelola satkernya yang mana hasil dari kepemimpinan tersebut mampu menciptakan sekolah Madrasah yang kompeten dan diakui oleh masyarakat sekitar.

"Madrasah yang maju tidak terlepas dari kepemimpinan Kepala Madrasah dalam menggerakkan dan mengelola sumber dayanya, baik sumber daya sarana, dan SDM nya. Hal ini nantinya akan menggiring apakah Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya pada masing-masing satkernya sudah lebih baik," jelasnya.

Lebih lanjut Kusoy menjelaskan bahwa audit kinerja yang  akan dilaksanakan di Madrasah nantinya akan melihat tentang bagaimana satker  dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sudah sesuai dengan prosedur atau regulasi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama. 

"Audit kinerja berbasis tusi adalah melihat bagaimana suatu satker dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sudah sesuai dengan prosedur atau regulasi yang ada. Sehingga hasil dari melaksanaan tugas-tugas tersebut akan menemukan hasil atau pencapaian yang ada pada suatu Madrasah," tutur Kusoy.

Kegiatan sosialisasi audit kinerja yang diselenggarakan tersebut merupakan kegiatan lanjutan dan kerjasama Kanwil Kemenag Sultra dalam rangka memberikan pemahaman dan pembinaan  bagi Kepala Madrasah guna penerapan fungsi dan tugas masing-masing satker. 

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Nisa Nurhayati. S. IK
Dibaca : 47 kali