Sabtu, 23 November 2019

Tim FPK UINSA Surabaya Sambangi MAN IC Kota Kendari

  • Kamis, 17 Oktober 2019 13:01 WIB
Suasana acara di ruang perpustakaan MAN IC Kota Kendari, Rabu (16/10)

Kendari (Inmas Sultra) --- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari kedatangan tamu istimewa  dari pihak Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya Jawa Timur, Rabu (16/10). Kedatangan tim tersebut merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara kedua belah pihak yang  telah tertuang dalam MoU yang ditandatangani pada bulan Mei yang lalu di UINSA Surabaya.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala MAN IC, Abd. Basit, beberapa waktu yang lalu, bahwa setelah penandatanganan kerjasama, pihak UINSA akan melakukan kunjungan balasan ke MAN IC Kota Kendari.

“Selain untuk silaturrahim sebagai kunjungan balasan, kedatangan tamu istimewa ini juga bermaksud memberikan pendampingan secara psikologi kepada siswa kelas XII yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Selain harus terus kita dikuatkan secara akademik, yang paling penting juga siswa kelas XII harus dikuatkan secara mental psikologi”, ungkap Basit.

Adapun tim tersebut terdiri dari 2 orang ibu yaitu, Dr. dr. Hj. Siti Nur Asiyah, M.Ag, selaku Dekan FPK UINSA dan Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi., Psikolog, selaku dosen tetap FPK UINSA. Keduanya membawakan materi penguatan mental psikologi sekaligus sosialisasi Fakultas Psikologi dan Kesehatan.

Dalam paparannya di depan para siswa kelas XII MAN IC, Hj. Siti Nur Asiyah yang juga merupakan Plt. Kanwil Kemenang Prov. Jatim lebih banyak memberikan informasi umum sekaligus penguatan mental kepribadian islam.

“Di zaman modern seperti sekarang ini, kita tidak boleh menjadi orang lemah secara intelektual. Jika itu terjadi maka kita hanya akan diperalat oleh mereka yang pintar. Karenanya kewajiban menuntut ilmu dalam islam itu sepanjang hidup, minal mahdi illahdi (dari sejak ayunan sampai keliang lahat). Dan tidak ada perbedaan jenis kelamin dalam hadis rasul itu, baik laki-laki maupun perempuan memiliki kewajiban yang sama”, jelasnya.

Selanjutnya, Khorriyatul Khotimah lebih banyak membahas tentang profil FPK UINSA, bagaimana mekanisme masuk di FPK, keunggulan-keunggulannya dan berbagai macam peluang kerja dari lulusannya.

“Satu hal yang menjadi nilai tambah bagi UIN adalah bahwa kita tidak hanya mempelajari ilmu psikologi secara umum seperti pada PT lainnya , namun kita juga mempelajari bagaimana psikologi dilihat dari sudut pandang agama islam. Bahkan pendekatan ilmu ini akan lebih bagus jika dihubungkan dengan pendekatan spiritual agama islam”, pungkasnya.

Lebih dari itu, selain pada penguatan mental, keduanya juga memberikan berbagai macam pandangan dan arahan mengenai karir para siswa. Memberikan tips, langkah-langkah dan tentunya pilihan-pilihan solusi menghadapi masa depan yang masih misteri bagi para siswa.[]

 

Sumber : -
Penulis : AGUSTAN/MAN Insan Cendikia Kendari
Editor : Syech
Dibaca : 98 kali