Sabtu, 23 November 2019

Humas sebagai Agen Desiminator Informasi Haji dan Umrah di Era Digital 

  • Kamis, 17 Oktober 2019 06:35 WIB
Dirjen PHU Prof. H. Nizar Ali Membuka Kegiatan Koordinasi Diseminasi Haji di Padang

Padang (Inmas Sultra) --- Kementerian Agama melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah melakukan kegiatan diseminasi informasi haji dan umrah terkait tantangan humas pemerintah di era Digital.

Hal tersebut dilakukan mengingat Peran dan fungsi humas saat era revolution industri 4.0 ini sangat luar biasa keberadaannya, tidak hanya swasta, kementerian atau lembaga pemerintahan pun ikut merasakan pentingnya kehadiran humas di dalam sebuah lembaga tersebut.

Sejatinya peran dan fungsi humas yang sangat luar biasa dan perlu benar-benar dicermati, meskipun dengan anggaran yang terbatas. Hal ini disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali saat membuka kegiatan koordinasi dan diseminasi informasi haji dan umrah di Padang, Rabu (16/10).

“Humas itu merupakan tulang punggung penyebaran informasi yang bertugas mentransfer kebijakan lembaga atau pimpinan menjadi bentuk informasi yang layak disebarluaskan ke publik guna memenuhi kebutuhan informasi,” ujar Nizar.

Menurutnya, hal penting dalam melakukan diseminasi informasi adalah harus menguatkan humas. Oleh karenanya humas harus selalu update berbagai informasi. Humas juga harus memiliki agenda dan target dalam hal penyebaran informasi, sehingga peran dan tugas humas dalam diseminasi informasi dapat diberdayakan secara lebih optimal.

Seperti disampaikan Nizar di hadapan peserta kegiatan yang merupakan para Kasi Sistem Informasi haji dan para petugas humas kantor wilayah Kemenag se Indonesia bahwa berbagai formula dapat dilakukan sebagai upaya diseminasi informasi, misalnya melalui media massa ataupun media sosial sesuai kebutuhan dan keinginan, tinggal bagaimana menyiapkan konten-kontennya saja.

Nizar juga mengharapkan kerjasama dan keseriusan dari semua pihak dalam proses diseminasi informasi terlebih informasi haji dan umrah yang sangat dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat. Keseriusan yang dapat dilakukan dengan menyusun strategi, menyusun konten informasi apa yang ingin disampaikan.

“Humas juga harus memiliki target yang hendak dicapai, serta pastinya sebisa mungkin harus dianggarkan,” pungkasnya.

Sumber : -
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 68 kali