Sabtu, 23 November 2019

Momentum Bulan Bahasa, MAN IC Kota Kendari Buat Program Baca Buku Pra KBM

  • Kamis, 10 Oktober 2019 20:56 WIB
Foto suasana guru membaca buku di salah satu sudut perpustakaan MAN IC Kota Kendari, Rabu (9/10).

Kendari (Inmas Sultra) --- Oktober adalah bulan bahasa. Di bulan inilah para pemuda dan pemudi bangsa berikrar menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Ikrar tersebut dikenal dalam peristiwa heroik “Sumpah Pemuda” pada tangggal 28 Oktober 1928.

Dalam rangka momentum bulan Bahasa itulah, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari melaksanakan program baca buku sebelum kegiatan pembelajaran di kelas. Program baca buku ini melibatkan semua guru dan siswa.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala MAN IC Kota Kendari, Abd. Basit di sela rapat dewan guru, senin (7/10). Dia mengatakan bahwa, “Di bulan Oktober ini kita tengah berada di bulan Bahasa. Kita jangan lupa akan hal itu bahwa Bahasa Indonesia telah diikrarkan di bulan ini sebagai  Bahasa yang menyatukan kita sebagai bangsa Indonesia”, paparnya.

“Karena itulah kita akan mencanangkan program baca buku untuk semua guru dan juga siswa. Program ini juga sekaligus sebagai salah satu upaya kita mendukung program literasi”, jelasnya.

“Program ini dilaksanakan setiap hari sebelum jam pembelajaran pertama dimulai. Terkhusus bagi guru, minimal 10 menit sebelum KBM dimulai sudah berada di ruang perpustakaan MAN IC. Dan agar pelaksanaannya tertib dan bermanfaat, maka diminta guru Bahasa Indonesia bantu mengontrol program ini dengan baik”, jelasnya di hadapan semua guru.

Lebih dari itu, dirinyapun menyarankan agar buku yang dibaca benar-benar dapat dipahami. Seorang guru harus menentukan buku apa yang akan dibaca terlebih dahulu, agar dapat dipahami dengan baik dan utuh. Program baca buku setiap hari ini akan berlangsung selama bulan Oktober saja, tambahnya.

Untuk lebih memeriahkan program baca buku tersebut, di bulan Oktober ini juga diprogramkan lomba cipta puisi, resensi buku, pameran karya sastra siswa, buku keliling kampung dan hal lain yang terkait dengan eksistensi Bahasa Indonesia.[]

Sumber : -
Penulis : AGUSTAN/MAN Insan Cendikia Kendari
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 226 kali