Kamis, 12 Desember 2019

MTsN 1 Bombana Gandeng Petugas Kesehatan Gelar Sosialisasi UKS

  • Rabu, 09 Oktober 2019 10:22 WIB
Petugas Nusantara Sehat tengah memaparkan pateri sosialisasinya.

Rumbia, (Inmas Sultra) --- Tim dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kabaena menggelar sosialisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bombana. Sosialisasi tersebut diikuti seluruh siswa-siswi MTsN 1 Bombana di Ruang Mushollah MTsN 1 Bombana rabu (09/10).

Tiga orang Tim Puskesmas tersebut terdiri dari Muh. Hasyim, Amd.Kep, Hardiansyah, A.md.Kep dan Minar Vianita.P, Amd.Keb memaparkan materi sosialisasinya sekaligus mempraktekkan perihal berbagai persoalan atau masalah kesehatan  yang dihadapi siswa seperi, penanganan orang pingsan, penanganan pasien patah tulang, penanganan penyakit diaere termasuh cara membersihkan diri agar tidak terjangkiti penyakit.

Minar Vianita, P. mengatakan bahwa jika kita tidak ingin terjangkiti penyakit dengan mudah, solusinya adalah harus rajin membersihkan diri, ini berlaku kepada semua rang baik laki-laki maupun perempuan.

“Kalu tidak ingin terjangkiti penyakit kita harus rajin membersihkan diri seperti madi, mengganti pakaian yang sudah kotor, dan untuk wanita harus lebih perhatia lagi dengan tubuhnya, terutama bagian reproduksi kewanitaan. Salah satu yang harus dilakukan oleh wanita adalah sesering mungkin mengganti pembalut, dengan demikian kangker serviks, keputihan dan penyakit kewanitaan lainya tidak dihinggapi. Selain itu juga menjaga terjadinya kengker payudara,  sesring mungkin memeriksa sendiri dengan cara mendeteksi benjolan diarean payudara. Jika ditemukan ada yang dirasa aneh segera periksakan ke puskesmas”. Demikian jelasnya sembari memperaktikkan cara penanganannya.

Dalam waktu yang sama terkait tujuan dilaksanakan sosialisasi UKS ini, Hasyim selaku ketua tim mengatakan, untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan hidup sehat, mesiptakan lingkungan sekolah yang sehat.

“Tujuan dilaksanakan sosialisasi UKS di MTsN 1 Bombana adalah: 1. Unuk meningkatkan mempuan hidup sehat dan derajat siswa  disekolah, 2. Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, dan 3. Medidik dan membina para siswa agar mampu menangani P3K (Pertolongan pertama pada Kecelakaan) yang sering terjadi dilingkungan sekolah”. Urainya.

Kegiatan sosialisasi ini didampingi langsung oleh guru pembinan osis, Agus Akmal, S.Ag.,M.Pd. dan b guru Pembina UKS, Nurjannah, S.Pd.I. (AA).

Sumber : -
Penulis : AGUS AKMAL, S.Ag/MTsN 1 Bombana
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 66 kali