Sabtu, 23 November 2019

MAN IC Kota Kendari Gelar Thailand International Mathematical Olympiad 2019

  • Minggu, 06 Oktober 2019 15:31 WIB
Suasana pembukaan TIMO di salah satu ruangan laboratorium MAN IC Kota Kendari, Sabtu (5/10)

Kendari (Inmas Sultra) --- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari menggelar Thailand International Mathematic Olympiad (TIMO), Sabtu (5/10). Event ini adalah olimpiade matematika yang digelar setiap tahunnya. Tahun ini adalah tahun ke-3 digelarnya event TIMO.

Di tahun ke-3 ini, untuk pertama kalinya MAN IC Kota Kendari di tunjuk oleh panitia pusat melakukan penjaringan untuk rayon Sulawesi Tenggara (SULTRA). Event ini sekaligus merupakan babak penyisihan (Heat Round) untuk rayon Sultra.

TIMO kali ini diramaikan oleh peserta Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dari semua jenjang tersebut tercatat 32 siswa yang bertarung memperebutkan medali di ajang yang cukup bergengsi ini.

Menjelaskan event TIMO ini, ketua panitia, Munawir yang juga selaku guru pembimbing Matematika MAN IC Kota Kendari mengatakan, “adapun siswa yang meraih juara 1, 2 dan 3 dari setiap jenjang pada babak Heat Round ini berhak mengikuti event selanjutnya di Ciangmay Thailand yang rencananya akan digelar pada bulan April tahun depan”, jelasnya.

“Selanjutnya mereka yang mampu meraih medali emas pada event di Ciangmay nantinya berhak mengikuti event olimpiade matematika dunia (World International Mathematical Olympiad) yang akan digelar di negeri sakura Jepang”, jelasnya.

Di event perdana ini, para peserta sudah mulai berdatangan dikampus MAN IC Kota Kendari sejak pukul 8 pagi. Semua peserta didampingi oleh pembimbingnya masing-masing. Bahkan orang tuanyapun tidak mau ketinggalan mendampingi anaknya yang akan berlomba, khususnya siswa SD. Para orang tua tersebut sesekali memberi motivasi kepada anak-anaknya agar tetap semangat mengikuti lomba tersebut.

Untuk diketahui para peserta mayoritas berasal dari sekolah dalam Kota. Ada juga beberapa peserta dari Kolaka dan Konawe Utara.[]

 

Sumber : -
Penulis : AGUSTAN/MAN Insan Cendikia Kendari
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 335 kali