Sabtu, 23 November 2019

Seleksi Calon Ketua OSIM MAN 1 Buton Periode 2019/2020

  • Selasa, 01 Oktober 2019 13:04 WIB

Pasarwajo (Inmas Sultra) --- Pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 1 Buton periade 2018/2019 akan berakhir Bulan Oktober 2019. Untuk itu pengurus OSIM periode 2018/2019 bersama Majelis Perwakilan Kelas (MPK) menggelar rapat pada tanggal 21 September lalu. Dihasilkan salah satunya pembentukan Komisi Pemilihan Ketua OSIS (KPO). Salah satu kriteria yang telah dirumuskan oleh anggota KPO adalah penentuan kriteria calon yakni harus lulus tes mengaji, tes tertulis, dan tes wawancara. 
Meski dengan syarat tersebut dikategorikan berat menurut calon Kandidat, namun tidak mengurangi semangatnya untuk maju menjadi calon.  Hal ini terbukti telah mendaftar 4 pasangan calon yang telah mendaftar yakni La Dimas-Nurmita, Arun-Salmin, Ikmianto-Yandri, Risman-Isman. Empat pasangan ini telah mengikuti tahapan tes mengaji, tertulis, dan wawancara dengan sungguh-sungguh. 1 Oktober.
Salah seorang kandidat calon ketua Ikmianto  mengaku pasrah terhadap hasil keputusan tim asesmen.
"menurut saya, luluskan saja karena memang saya ingin maju, tapi kalau memang keputusan para dewan penilai saya dinyatakan tidak lulus tes yah apa boleh buat" katanya.

Sementara itu Kepala madrasah Rusli Ewa  berpesan kepada tim asesment agar dilakukan dengan secara objektif.
"saya berharap agar yang menjadi tim seleksi calon Ketua OSIM adalah guru yang memiliki kompetensi dibidangnya, seperti tes baca Al Quran. karena ia memiliki kemampuan disitu maka penilaiannya harus objektif dan jangan ada yang menginterfensi" ujarnya.

Menurutnya, proses asesmen calon ini merupan proses pembelajaran yang didalamnya mengandung nilai-nilai, baik tata cara yang baik dalam politik, objektifitas dan tanggungjawab. Maka proses ini menjadi bagian dari pendidikan di madrasah ini.

Sementara yang didaulat menjadi tim asesmen oleh KPO yakni Arifudin, S.Si, Dra. Wa Sari, Dra. Murli Sania, S.Pd. untuk Tes Baca Al Quran dan hafalan Surat-surat pendek Al Quran. Untuk tes wawancara diambil alih pembina OSIM sendiri Dra. Hisuati H.

Sumber : -
Penulis : Alidingi, S.Pd/MAN 1 Buton
Editor : Syech
Dibaca : 45 kali