Sabtu, 23 November 2019

Kakanwil : Nilai Keagamaan dan Nilai Kebangsaan sebagai Pondasi Kerukunan

  • Senin, 23 September 2019 22:44 WIB

Wanggudu, (Inmas Sultra) --- Membina dan memelihara Kerukunan Umat Beragama merupakan tantangan bersama yang harus dihadapi dalam suatu konteks berbangsa dan bernegara dalam realitas masyarakat yang plural.

"Nilai keagamaan dan nilai kebangsaan merupakan pondasi utama dalam mewujudkan kedamaian dan kerukunan umat beragama ditengah keanekaragaman yang kita miliki," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Abdul Kadir, saat melakukan dialog lintas agama dengan berbagai kalangan masyarakat dan profesi se kab. Konawe Utara, senin, (23/9/2019).

Dihadapan para tokoh majelis agama, penyuluh agama dan tokoh masyarakat setempat, Kakanwil mengungkapkan bahwa aktualisasi nilai-nilai keagamaan tersebut adalah bersyukur dan bersabar atas semua anugerah yang telah diberikan.

"Kita boleh berbeda, tetapi kita menyadari bahwa dibalik perbedaan itu, tidak menjadi faktor penghambat, bersama-sama dengan penuh tanggungjawab untuk membangun kebersamaan, menjembatani perbedaan dalam konteks berbangsa dan bernegara," terangnya.

Dalam dialog yang dipandu oleh Kepala Kantor Kemenag Konut, Sitti Mardawiyah Kasim tersebut, Kakanwil tak lupa mengingatkan bahwa tugas umat beragama adalah bagaimana menumbuhkan kecintaan terhadap agamanya, mencintai kitab sucinya dan mencintai rumah ibadahnya.

Ia pun mengajak seluruh tokoh majelis agama untuk saling mengingatkan, saling mengajak, menghargai, menghormati dan menjadi tauladan ditengah-tengah masyarakat sehingga suasana harmony yang sudah tercipta dapat terjaga dengan baik.

Turut hadir dalam dialog tersebut, Kepala Subbag Hukum dan KUB, Abdul Rahman Jaya, Camat Wanggudu dan jajaran dan segenap panitia. 

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 122 kali