Sabtu, 23 November 2019

Pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA), MTsN 4 Bombana Fasilitasi Siswanya Melakukan Perekaman Data

  • Minggu, 15 September 2019 18:11 WIB
Siswa MTsN 4 Bombana dan Petugas saat melakukan Perekaman Data

Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bombana menfasilitasi seluruh siswanya untuk mendapatkan pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) dengan menghadirkan langsung petugas Disdukcapil Kabupaten Bombana untuk melakukan sosialisasi sekaligus memberikan pelayanan KIA untuk sekitar 254 siswa di MTsN 4 Bombana, Minggu, (15/9).

Pada kesempatan ini petugas menyampaikan kepada siswa-siswi tentang persyaratan dan manfaat memiliki KIA.

"Kami dari Disdukcapil Kabupaten bombana hadir disini untuk sosialisasi dan memberikan pelayanan KIA kepada Siswa MTsN 4 Bombana, namun untuk bisa dilayani harus melampirkan foto copy kartu keluarga dan akta kelahiran sebagai syarat untuk memperoleh KIA," Jelas Harianto.

"Jadi hanya bagi yg memiliki kedua dokumen tersebut yang bisa dilayani, yang belum ada belum bisa dilayani," Lanjutnya.

"Adapun manfaat memiliki KIA selain sebagai tanda pengenal atau bukti diri yang sah, jaga bermanfaat untuk persyaratan pendaftaran sekolah, pelayanan kesehatan, pembuatan dokumen keimigrasian, transaksi keuangan didunia perbankan, mencegah terjadinya perdagangan anak dan berbagai keperluan lain yang membutuhkan bukti diri berupa identitas bagi anak," Lanjutnya menerangkan.

Tampak, Siswa yang juga turut didampingi oleh orang tua atau wali masing-masing begitu antusias. Salah satu siswa, Miftahul Rahma, mengatakan jika dirinya sangat bersyukur karena pihak Madrasah bisa mengahdirkan  petugas untuk melakukan pelayanan langsung di madrasah.

"Saya sangat bersyukur karena pihak madrasah bisa menghadirkan petugas untuk pelayanan disini, jadi kami tidak perlu lagi harus ke Kasipute (Disdukcapil) untuk mendapatkan pelayanan KIA ini." Tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala MTsN 4 Bombana, Muhamad Asbar, S. Pd, MM mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya bagi anak-anak yang belum memiliki Kartu Identitas Anak. Beliau berharap hal ini bisa membantu orang tua siswa yang tidak lagi harus jauh- jauh ke Kasipute untuk mengantarkan anaknya mendapatkan pelayanan KIA.

"Ini bentuk dukungan kita terhadap program pemerintah. Saya berharap bisa membantu anak-anak kita terutama orang tuanya, karena tidah lagi harus ke kasipute untuk mengantarkan anaknya." Ujar Asbar.

Turut mendampingi Kepala Madrasah pada kegiatan ini Wakil Kepala Madrasah Darlia, S. Ag sekaligus menkordinir seluruh siswa yang melakukan perekaman data, yang baru selesai pukul 14.15 Wita, (15/9).

Sumber : Selamat
Penulis : Selamat/MTsN 4 Bombana
Editor : Syech
Dibaca : 123 kali