Kamis, 19 September 2019

Kakanwil Kemenag Sultra : Da’i Masa Kini Butuh Kreatifitas, Inovasi dan Keteladanan

  • Kamis, 12 September 2019 15:18 WIB
Kakanwil Kemenag Sultra, H. Abdul Kadir saat menyampaikan sambutan pada pengkaderan calon mubaligh & mubaligah. kamis (12/9)

 

Kendari (Inmas Sultra) --- Menghadapi era yang sangat cepat dan tingkat komunikasi yang semakin tinggi dibutuhkan tenaga dibutuhkan da’i yang mempunyai keahlian menyampaikan pesan agama dengan konsep kekinian.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenag Sultra, H. Abdul Kadir pada kegiatan Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubaligah se Sulawesi Tenggara. Kamis (12/9) di Hotel Athaya Kendari.

Di hadapan para penceramah muda, Kakanwil menjelaskan kondisi masyarakat saat ini tidak hanya krisis ideology dan ekonomi namun lebih kepada adanya krisis kepribadian khususnya bagi umat muslim Indonesia yang belum mampu mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

“Makanya tantangan daí adalah memahami konsepsi keagamaan untuk disampaikan mengenai kedisiplinan, mengamalkan kebersamaan, bersikap adil, jujur dan terbuka,”cetusnya.

Disamping itu, lanjutnya bagi calon mubaligh pintu utama agar berhasil di tengah-tengah masyarakat yakni dengan banyak membaca sumber-sumber ajaran agama, dilanjutkan dengan banyak berdiskusi terkait materi bacaan dengan harapan member penguatan dan pematangan ilmu serta banyak mencermati situasi lapangan yang menjadi sasaran dakwah.

Jika ketiga pintu utama tersebut dapat dilakukan para ustadz dan ustadzah diharapkan mampu memahami dan menghormati pandangan keagamaan disuatu tempat dengan tempat yang lain.

“Gaya komunikasi ini butuh keahlian, menjelaskan agama dengan cara kekinian sehingga dibutuhkan kreatifitas dan inovasi serta keteladanan,”pungkas Kakanwil.

Sebelumnya Panitia Pelaksana, H. Amar melaporkan kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 12 s.d 14 dihadiri 40 calon mubaligh dan mubaligah se Sulawesi Tenggara ditambah pengurus organisasi dai muda se Sultra.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Bagian Perencanaan Bimas Islam Kemenag RI, H. Andi Pabenteng serta para Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se Sultra.

Sumber : -
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 30 kali