Senin, 21 Oktober 2019

Siswa MAN IC Kota Kendari Dapat Undangan Ikuti Pelatnas Bidang Kimia

  • Senin, 09 September 2019 14:33 WIB
Foto Dayanu memperlihatkan medali perunggu yang dia raih saat OSN Manado.

Kendari (Inmas Sultra) --- Dayanu Ihsanuddin pantas berbahagia setelah mengetahui dirinya mendapatkan undangan mengikuti Pelatnas Bidang Kimia. Surat tersebut dilayangkan pada hari Jum’at (6/9). Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari yang kini duduk di bangku kelas XII IPA2 itu menjadi salah satu peserta pelatihan tersebut.

Sebagaimana yang tertulis dalam undangan tersebut bahwa dirinya menjadi peserta yang ke 24 dari 30 peserta yang diundang. 30 siswa tersebut adalah peraih medali emas, perak dan perunggu bidang Kimia di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang telah digelar di Manado Sulawesi Utara pada bulan Juli yang lalu.

Dayanu bersama yang lainnya akan menjalani pelatihan dalam bentuk bimbingan selama lebih 2 pekan dari tanggal 15 sampai dengan tanggal 29 September. Pelatihan tersebut akan dipusatkan di Wisma Balai perguruan Kartini, Bandung jawa Barat. Pelatihan ini juga nantinya akan menjadi penentu bagi Dayanu dan kawan-kawan untuk mewakili Indonesia Olimpiade Kimia Tingkat Internasional yang rencananya akan digelar di Turki tahun depan. Jadi pelatnas ini sekaligus ajang untuk menyeleksi 4 siswa terbaik di bidang Kimia menuju pentas dunia.

Pelatnas tersebut adalah satu bentuk upaya maksimal pihak Kemendikbud dalam mempersiapkan siswa-siswa juara menuju Olimpiade Kimia Tingkat Internasional. Dan hal semacam ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya menjelang olimpiade tingkat internasional.

Menanggapi hal tersebut, selaku Kamad, Abd. Basit mengaku senang dengan undangan tersebut.

“Tampil di ajang OSN dengan medali perunggu sudah menjadi kebanggaan yang luar biasa bagi kita. Kita berharap di Pelatnas nanti semoga Dayanu berhasil membawa nama baik MAN IC Kota Kendari sampai pada olimpiade tingkat internasional”, ungkapnya penuh harap.

Hal senada sebagaimana yang diungkapkan oleh Dayanu sendiri bahwa dirinya sangat gembira bisa menjadi peserta pelatnas dan berharap bisa tembus sampai ketingkat internasional.

Dayanu sendiri juga masih tercatat sebagai peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional mewakili Sultra yang nanti akan digelar di Manado Sulawesi Utara pertengahan September ini.[]

 

Sumber : -
Penulis : AGUSTAN/MAN Insan Cendikia Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 93 kali