Kamis, 19 September 2019

Ummusshabri Kendari Rencana Buka Cabang di Malaysia

  • Sabtu, 07 September 2019 21:16 WIB
Foto saat Berkunjung ke Sekolah Sri Seremban Malaysia

Kendari, (Inmas Sultra) --- Lawatan pengurus dan Kepala Madrasah Yayasan Um­musshabri Kendari ke Malaysia dan Brunei Darussalam bulan September 2019 dirasakan pe­nuh makna. Selain memperkuat silaturrahmi sesama penyeleng­gara dan praktisi pendidikan di Asia Tenggara juga diskusi den­gan pakar pendidikan dari Uni­versity of Malaya, Prof. Dr. Zu­raedah Abdullah, P. hD. Materi diskusi seputar implementasi kerjasama yang telah digagas sejak 2 tahun lalu.

Ketua Yayasan Ummusshabri, Dr.Supriyanto, MA, menga­takan salah satu tema diskusi yang menarik adalah ide ren­cana pembukaan Cabang Um­musshabri di Malaysia.

Menurutnya, peluang Ummusshabri untuk membuka cabang di Kuala Lumpur Malay­sia, sangat besar. Hal ini diyakini bahwa konsep pendidikan yang dikembangkan di Ummusshabri mengalami banyak kesamaan dengan konsep pendidikan yang diselenggarakan oleh masyar­akat di Malaysia.

Dicontohkannya, keunggulan se­kolah-sekolah swasta (private school) di Malaysia adalah kemampuannya dalam meng­integrasikan bidang sains dan agama secara seimbang tanpa mendikotomikan keduanya.

"Selain itu keunggulan bilin­gualnya karena sejak Taman Kanak Kanak sudah menggu­nakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar," terang Su­priyanto.

Untuk itu, Ummusshabri men­gundang CEO Sekolah Sri Serem­ban Malaysia, ke Ummusshabri pada bulan Januari 2019 lalu, dan hal itu mendapat tanggapan positif, itu karena banyak kesamaan konsep keunggulannya.

Untuk menguatkan kesamaan konsep keunggulan ini maka Ummusshabri akan meminta salah seorang pakar pendidikan di Malaysia untuk menjadi advisor atau konsultan pengem­bangan.

"Alhamdulillah Prof. Dr. Zuraedah Abdullah. P.hD, menyatakan kesiapannya untuk membimbing dan mengantar­kan Ummusshabri menjadi sekolah yang memiliki basis ke­unggulan seperti di Malaysia yang saat ini mutu pendidikannya jauh melampaui kualitas pendidikan Indonesia," papar Sekretaris MUI Sultra ini.

Beberapa kali pengurus Ya­yasan melakukan lawatan pendidikan ke Malaysia di­manfaatkan untuk memper­banyak belajar penyelengga­raan pendidikan yang bermutu. Rencana selanjutnya Yayasan sedang menjajaki pembukaan cabang Ummusshabri di Malay­sia karena ada jutaan jumlahnya orang Indonesia yang tinggal di negeri serumpun ini.

"Mereka pasti merindukan kehadiran pendidikan yang memberi pe­luang kepada putra-putrinya yang selain bercorak indone­sianis juga adaptif terhadap karakteristik pendidikan di Ma­laysia terang Supriyanto yang juga pengurus Dewan Pen­didikan di Sultra ini.

Sementara itu menurut Di­rektur Pendidikan Yayasan Ummusshabri Kendari, Zainal Mustamin, rencana pembukaan cabang Ummusshabri di Malay­sia diawali dengan pembukaan pra sekolah dan Sekolah Dasar.

"Dalam waktu dekat, akan diben­tuk tim khusus untuk melaku­kan persiapan dan konsultasi ke pihak KBRI mengenai syarat dan prosedur pendirian sekolah Indonesia di Kuala Lumpur Ma­laysia," katanya.

Demikian pula dikatakan Pembina Pendidikan Ya­yasan Ummusshabri Kendari, Drs. H. Alimuddin K, meng­harapakan rencana pembu­kaan cabang Ummusshabri di Kuala Lumpur, Malaysia, segera diambil langkah nyata karena jika ini dapat diwujudkan, un­tuk menambah citra positif Um­musshabri, karena tidak mudah untuk bisa mendirikan sekolah di negara lain," ujarnya. (S/IK)

Sumber : Ismail Kadir
Penulis : Ismail Kadir, M.Ag/MTs Pesri Kendari
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 134 kali