Sabtu, 23 November 2019

Tiba Pagi, Kloter 28 Utuh Diterima di Embarkasi Makassar

  • Sabtu, 07 September 2019 10:53 WIB
Foto bersama Kloter 28 UPG

Makassar (Inmas Sultra) --- Kloter 28 UPG asal Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara bertolak dari bandara Madina Arab Saudi hari Jumat 06/9/2019, Pukul : 15.50 W.A.S. dan sukses mendarat landing Sabtu 07/9/2019, Pukul : 08.15. WITA di Bandara Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Petugas yang menyertai jamaah sebanyak 5 orang, dengan jumlah jamaah 454, dengan rincian Jamaah Wanita 290 orang, Jamaah Pria 164 orang. Jamaah Tanazul Awal 1 Orang, Salma Binti Ambo Killing Paleneng dengan No Porsi: 2400032220, No Paspor: C3669256 / DX.F03

Adapun petugas yang menyertai jamaah sebagai ketua kloter TPHI, Drs. H. Joko, M.Pd., TPIHI : Drs. Agus Ramadhan, MA, TKHI dr. Andi Arnida dengan dibantu dua para medis Ns. Takdir, S.Kep, Ns. Sulfaidah, S.Kep

Dalam sambutanya wakil ketua PPIH Debarkasi Makassar Dr. H.Wahyuddin Naro menyampaikan ahlan wasahlan selamat datang kepada jamaah haji kloter 28 UPG. Dirinya berharap Semoga tamu Allah yang baru saja usai menjalani ibadah memperoleh haji mabrur. Kemabruran haji menurut dia harus diaplikasikan di masyarakat sebagai teladan. Untuk itu, Kualitas ibadahnya harus lebih baik dari sebelum menyandang predikat haji. Dirinya berpesan sebagai perwujudan haji mabrur harus bisa bermanfaat bagi orang lain dan berperan aktif dalam menjaga ketertiban masyarakat . Di akhir sambutan pihaknya menyampaikan permohonan maaf dan apresiasinya terhadap PPIH Sultra.

Plt. Kabag TU Kanwil Kemenag Sultra H. Muhammad Kadir Azis Yafie mewakili pemerintah daerah dan provinsi menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada PPIH Embarkasi/Debarkasi Haji Makassar yang telah bekerja keras  memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji, mulai pemberangkatan hingga pemulangan. "Semoga kerjasama ini akan berlanjut sehingga pelaksanaan haji semakin baik ke depannya." Ungkapnya.

H. Muhammad Kadir juga meminta kepada seluruh jemaah agar menjadi pribadi yang lebih baik sebagai bentuk implementasi dari kemabruran hajinya.

“Jadilah teladan  di tengah keluarga dan masyarakat sekitar sehingga berimbas kepada kondisi sosial daerahnya yang semakin baik dan semakin maju dalam hal pembangunan,” harapnya.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan kepada jamaah agar meningkatkan kualitas ibadahnya setelah menyandang predikat haji. Semoga menjadi haji mabrur. Dia juga berpesan agar Kesehatan tetap dijaga. Sehingga bisa tiba dengan selamat di daerah masing-masing.

Atas nama pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara kabid Penais Zawa juga menyampaikan terima kasih Kepada petugas TPHI, TPIHI, TKHI, dan TPHD yang telah bertugas dengan baik. "Terima kasih atas pengabdiannya selama di tanah suci. Semoga bernilai ibadah." Imbuhnya.

Prosesi penerimaan dan penyerahan jemaah haji kloter Kloter 28 UPG asal Sultra ini ditandai dengan serah terima daftar manifes dari PPIH Debarkasi Makassar kepada kepala Kanwil Kemenag Sultra.

 

Di akhir acara ketua Kloter 28 UPG menyerahkan sumbangan ke pada pengurus Masjid Quba Asrama Haji Sudiang sebesar 921 real, dan Rp 4.310.000

Ketika dikonfirmasi Ketua Kloter 28 UPG, Drs. H. Joko, M. Pd. Menyampaikan bahwa seluruh jamaah haji kloter 28 UPG dari 455 beangkat dari Embarkasi Makassar semuanya utuh tiba kembali di Debarkasi Makassar. Dirinya juga menyebut bahwa seluruh jamaah telah sukses melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji baik itu ibadah wajib maupun sunat. Semuanya telah melaksanakan ibadah shalat arbain dengan lancar . Kondisi jamaah dalam keadaan sehat walafiat. Menurutnya, semua ini terlaksana dengan baik oleh karena adanya kerjasama yang baik antara petugas dan jamaah. Ditambah lagi dengan kedisiplinan jamaah sangat mendukung segala aktivitas ibadah.


Sumber : -
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 39 kali