Kamis, 19 September 2019

Elatri Agustin siswi MTsN 1 Bombana; Membuang Duri dijalan Adalah Ibadah

  • Sabtu, 07 September 2019 10:35 WIB
Terlihat perwakilan kelas untuk tampil Ceramah lima Menit (Cermin) setiap pagi hari saat apel pagi

Rumbia (Inmas Sultra) --- Apel pagi  merupakan kegiatan rutin bagi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bombana. Apel pagi ini diisi dengan ceramah lima menit (Cermin) oleh setiap perwakilan disetiap kelas. Judul cerminpun bebas, tergantun isi cermin yang dikuasai siswa. Hal ini dilakukan oleh siswa dilapangan MTsN 1 Bombana sabtu 07/09).

Salah seorang siswa wakil dari kelas VIII/a Elastri Agustin mengangkat judul arti  ibadah. Dikatakannya bahwa ibadah itu janganlah diartikan sempit, kaerena untuk beribadah tidak hanya ibadah mahdhah saja, membuang duri dijalan pun juga adalah ibadah.

“Untuk beribadah kepada Allah itu sangatlah mudah oleh karenannya janganlah kita memaknai ibdah itu sempit, karena bukan hanya ibadah mahdah saja, membuang duri dijalan pun juga adalah ibadah. Dalam al-Qur’an juga dikatakan bahwa Sesungguhnya Allah Menciptakan jin dan Manusia tidak lain hanya untuk beribadah kepadanya. Allah menciptakan kita bukan untuk sia-sia tetapi Allah menciptakan kita sangat mulia yakni untuk beribadah kepadanya. Ibdah adalah suatu kata yang mencakup segala sesuatu yang diridhai dan dicintai oleh Allah swt. dengan kata lain melaksanakan perintaknya dan menjauhi larangannya adalah juga ibadah ”. Urainya.

Tujuan dilaksanakan kegiatan cermin ini adalah salah satunya untuk melatih para siswa untuk terbiasa berbicara dihadapan orang banyak, selain itu juga melatih siswa untuk bisa menyampaikan isi ceramah jika dikemudian hari diminta oleh siapapun. Hal ini dikatakan oleh salah seorang Pembina apel pagi Kasmin, S.Pd.

“Banyak manfaat yang bisa diperoleh siswa dengan kegiatan cermin ini, diantaranya adalah membiasakan siswa berbicara dihadapan orang banyak, selain itu juga siswa dilatih untuk benyampaikan ceramahnya yang judulnyapun tidak kami tetapkan atau bebas buat mereka untuk mencari judul cermin. Yang kami harapkan adalah agar siswa kami tidak janggung lagi jika dikemudian hari mereka diminta untuk tampil didepan orang manyak”. Tuturnya.

Sementara itu Drs. Lukman,MM mengaku mendukung kegiatan siswa seperti cermin ini, pasalnya jika nanti siswa sudah terbiasa tampil didepan orang banyak jika sudah berada ditengah masyarakat awam mereka sudah mampu merbicara.

“Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena banyak manfaat yang dialami oleh siswa terutama nanti jika sudah berbaur ditengan masyarakat, mereka akan terbiasa karena sudah terlatih di Madrasah dengan cermin yang setiap paginya mereka laksanakan. Dengan demikian saya berharap kepada seluruh siswa janganlah dijadikan beban karena ini adalah bagian dari pembelajaran buat seluruh siswa tanpa terkecuali”. Ungkapnya.

Sumber : -
Penulis : AGUS AKMAL, S.Ag/MTsN 1 Bombana
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 44 kali