Jum'at, 14 Agustus 2020

Kurang Dua Orang , Kloter 26 Tiba di Debarkasi Makassar 

  • Jum'at, 06 September 2019 04:49 WIB
Foto Bersama Seluruh Jamaah Kloter 26 dan PPIH Sultra dan PPIH Debarkasi Makassar

Makassar (Inmas Sultra) --- Kelompok terbang (Kloter) 26 Debarkasi Makassar (UPG) mendarat  di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Kamis (05/09), malam pukul 23.30 WITA. Sebanyak 448 orang jemaah dan 5 orang petugas ini menjadi kloter keempat tiba di debarkasi Makassar.

Kloter 26 UPG asal Sultra saat keberangkatan berjumlah 455 orang, saat kepulangan kurang 2 orang yaitu 1 orang meninggal dunia Ipawellangi Bandu Tagi asal Kabupaten Kolut, dan 1 orang sakit Wa Ode Nika asal Kabupaten Muna sementara dirawat di Rumah sakit Al Anshor Madinah.

Kloter ini, merupakan kloter gabungan jamaah Kabupaten Muna 56 orang Bombana 110 orang, Kolaka Utara 138 orang , Buton Utara 16 orang, Kolaka Timur 126 orang, TPHD 2 orang dan petugas haji 5 orang sehingga total 453 orang.

Petugas yang menyertai Jamaah Haji tersebut, Ketua Kloter 26 UPG Muh. Lalan Jaya, TPIHI H. La Maidu, TKHI dr. Rudiyanto Osman, Dan 2 orang Paramedis, Erman Djafar Perinnai, dan Lisdayanti Naharuddin. serta tiga Tim Pemandu Haji Daerah, H. Beangga Harianto, Arif Muhammad, dan Amin T

Kloter 26 UPG asal Sultra ini disambut di aula Arafah Wisma Haji Makassar oleh kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan selaku ketua PPIH Embarkasi Debarkasi Haji Makassar. Tampak hadir juga, Kabag Kesra Pemkab, Kakankemenag Kolaka Utara, dan Kepala kemenag Koltim, Kepala Kemenag Bombana, , dan kepala Kemenag Butur, kasubag TU Kemenag Muna. Kasi PHU Kemenag kabupaten, serta sejumlah PPIH di lingkup Kanwil Kemenag Prov. Sultra.

Dalam sambutanya Kakanwil Kemenag Sulsel H. Anwar Abubakar menyampaikan ahlan wasahlan selamat datang kepada jamaah haji kloter 26 UPG. Dirinya berharap Semoga tamu Allah yang baru saja usai menjalani ibadah memperoleh haji mabrur. Kemabruran haji menurut dia harus diaplikasikan di masyarakat sebagai teladan. Untuk itu, Kualitas ibadahnya harus lebih baik dari sebelum menyandang predikat haji. Dirinya berpesan sebagai perwujudan haji mabrur harus bisa bermanfaat bagi orang lain dan berperan aktif dalam menjaga ketertiban masyarakat . Di akhir sambutan pihaknya menyampaikan permohonan maaf dan apresiasinya terhadap PPIH Sultra.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra H. Abdul Kadir mewakili pemerintah daerah dan provinsi menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada PPIH Embarkasi/Debarkasi Haji Makassar yang telah bekerja keras  memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji, mulai pemberangkatan hingga pemulangan. "Semoga kerjasama ini akan berlanjut sehingga pelaksanaan haji semakin baik ke depannya." Ungkapnya.

H. Abdul Kadir juga meminta kepada seluruh jemaah agar menjadi pribadi yang lebih baik sebagai bentuk implementasi dari kemabruran hajinya.

“Jadilah teladan  di tengah keluarga dan masyarakat sekitar sehingga berimbas kepada kondisi sosial daerahnya yang semakin baik dan semakin maju dalam hal pembangunan,” harapnya.

Selain itu, H. Abdul Kadir menyampaikan kepada jamaah agar meningkatkan kualitas ibadahnya setelah menyandang predikat haji. Semoga menjadi haji mabrur. Dia juga berpesan agar Kesehatan tetap dijaga. Sehingga bisa tiba dengan selamat di daerah masing-masing.

Atas nama pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara kakanwil juga menyampaikan terima kasih Kepada petugas TPHI, TPIHI, TKHI, dan TPHD yang telah bertugas dengan baik. "Terima kasih atas pengabdiannya selama di tanah suci. Semoga bernilai ibadah." Imbuhnya.

Prosesi penerimaan dan penyerahan jemaah haji kloter Kloter 26 UPG asal Sultra ini ditandai dengan serah terima daftar manifes dari PPIH Debarkasi Makassar kepada kepala Kanwil Kemenag Sultra.

Sumber : -
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 416 kali