Kamis, 19 September 2019

Sambut Hari Kemerdekaan RI, MAN IC Kendari Gelar Parade Sinonggi Merah Putih

  • Senin, 19 Agustus 2019 09:10 WIB
Bentuk formasi Parade Sinonggi Merah Putih dilihat dari atas, Jum'at (16/8).

Kendari (Inmas Sultra) --- Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari menggelar kegiatan unik dan mungkin belum pernah ada sebelumnya. Kegiatan unik itu dinamakan Parade Sinonggi Merah Putih.

Parade Sinonggi Merah Putih adalah murni ide Kepala MAN IC Kota Kendari sendiri, Abd. Basit. Kamad yang dikenal banyak ide ini sempat membuat para guru merasa lucu ketika pertama kali ide ini dimunculkan olehnya. Parade  ini merupakan bentuk kegiatan yang sifatnya kolosal dan melibatkan semua siswa madrasah serta guru dan staf. Dibantu oleh Pembina dan pengurus OSIS, kegiatan ini berjalan lancar dan sukses. Parade ini sendiri digelar di halaman madrasah setelah shalat Jum’at (16/8).

Teknisnya bahwa sebelum parade dimulai, seluruh siswa dan guru berbaris rapi sambil duduk membentuk angka 17, 8 dan angka 45. Kelompok lainnya membentuk bendera merah putih berdasarkan warna pakaiannya, dan sebagiannya lagi membentuk angka 74. Semua yang berbaris dalam formasi itu terlebih dahulu mengambil piring yang sudah berisi sinonggi dan lauknya.

Sepintas parade ini kelihatan sederhana, atau mungkin ada yang berpikir repot buat parade seperti ini, karena apa bedanya dengan makan bersama, yang beda mungkin hanya caranya saja. Mungkin itu sangkaan orang-orang di luar sana.

Namun bagi Kepala MAN IC Kota Kendari tentu ini berbeda. Sebagaimana yang dijelaskan olehnya sebelum parade dimulai. Di depan para peserta parade dia menjelaskan beberapa poin penting yang harus dipahami oleh para peserta melalui parade ini.

“Pertama bahwa parade sinonggi ini adalah salah satu bentuk kecintaan kita dengan Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari bentuk formasinya yang melambangkan angka dirgahayu RI yang dikombinasikan dengan kearifan lokal, di mana sinonggi adalah makanan lokal khas orang Tolaki. Dan pesan inilah yang harus kita jaga dan budayakan”, jelasnya.

“Yang kedua bahwa budaya lokal mesti juga dapat kita perkenalkan kepada orang lain. Nah! Melalui parade ini akan banyak yang akan ngerti jika makanan khas orang Tolaki itu adalah sinonggi ini. Dan akhirnya orang lain bisa ngerti tentang sinonggi yang jika dimakan langsung ditelan tanpa harus dikunya terlebih dulu”, tambahnya dengan sedikit kelakar.

Yang jelas bahwa Parade Sinonggi Merah Putih yang digelar MAN IC Kota Kendari adalah satu bentuk kreatifitas yang unik dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan RI dengan harapan dapat menjadi inspirasi bagi yang lainnya.[]

 

Sumber : -
Penulis : AGUSTAN/MAN Insan Cendikia Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 92 kali