Senin, 26 Agustus 2019

Kampanye Bebas Sampah Plastik, OSIS MAN IC Kota Kendari Ajak OSIS Madrasah se-Sultra Bersihkan Area Pantai Mangrove Kota Kendari

  • Kamis, 15 Agustus 2019 10:53 WIB
Foto bersama dengan siswa dari madrasah lainnya setelah aksi pembersihan di pantai hutan mangrove Kota Kendari, Kamis (15/8).

Kendari, (Inmas Sultra) --- Dalam rangka kampanye “Bebas Sampah Plastik”, disela ajang KSM Tingkat Provinsi yang digelar Kamis (15/8), OSIS Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari berkesempatan mengajak perwakilan OSIS Madrasah se-Sultra untuk melakukan pembersihan di area pantai mangrove baypass Kota Kendari.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya MAN IC Kota Kendari mengajak masyarakat Kota Kendari untuk peduli terhadap lingkungannya khususnya pemeliharaan lingkungan dari sampah plastik.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala MAN IC Kota Kendari sebelumnya bahwa ajang KSM Tingkat Provinsi adalah peluang bagi OSIS MAN IC untuk membuat program kegiatan.

"Salah satunya mengajak OSIS dari madrasah lainnya melakukan pembersihan di beberapa titik kota yang dianggap kotor dari sampah plastik," jelasnya.

Hal ini dilakukan selain karena program adiwiyata madrasah, juga yang jauh lebih penting lagi adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dari kotoran sampah khususnya sampah plastik. Apalagi selaku warga madrasah yang mengetahui anjuran agama islam yang mengatakan bahwa “kebersihan adalah bagian dari iman”.

Karena itulah, bersamaan dengan digelarnya KSM Tingkat Provinsi, puluhan siswa yang tersebar dari berbagai madrasah se-Sultra melakukan pembersihan sampah di sekitar pantai mangrove baypass Kota Kendari.

Salah seorang peserta dari siswa pengurus OSIS MAN 1 Kendari mengaku senang dengan kegiatan seperti ini.

“Saya pikir kegiatan ini sangat bermanfaat dan yang lebih penting kegiatan ini dapat kita biasakan dalam kehidupan kita sehar-hari,"ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Pembina OSIS MAN IC Kota Kendari, Andi Muhammad Ali Topan mengatakan bahwa target kegiatan ini dilakukan adalah untuk mengajak masyarakat peduli lingkungan dengan melakukan tindakan sederhana seperti tidak menggunakan plastik makanan atau minuman kemasan plastik dan juga membuang sampah pada tempatnya.

Dirinyapun menghimbau kepada pemerintah agar menyiapkan tempat sampah yang berjenis di area-area wisata atau tempat umum seperti di area tracking hutan mangrove Kota Kendari.

Sumber : -
Penulis : AGUSTAN/MAN Insan Cendikia Kendari
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 59 kali