Senin, 26 Agustus 2019

Sambil Berkurban, MAN IC Kota Kendari Kampanye Bebas Sampah Plastik

  • Rabu, 14 Agustus 2019 10:14 WIB
Beberapa penerima daging kurban memperlihatkan tempat membungkus daging kurban berupa daun pisang di halaman asrama putra, Selasa (13/8).

Kendari (Inmas Sultra) --- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari sedang gencar-gencarnya kampanye bebas sampah plastik. Hal tersebut memang menjadi fokus MAN IC Kota Kendari setelah berhasil menjuarai lomba sekolah adiwiyata tingkat Kota Kendari.

Bahkan sambil berkurbanpun MAN IC Kota Kendari tetap berupaya menyediakan daun tumbuhan tertentu sebagai  tempat membungkus daging kurban. Sesuai himbauan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bahwa masyarakat sebisa mungkin menghindari plastik untuk tempat barang bawaannya temasuk tempat untuk membungkus daging kurban.

LIPI memberikan solusi untuk mengganti kantong plastik dengan daun dari beberapa tumbuhan yang dipandang aman, seperti daun jati, daun pisang dan daun sejenis kunyit.

Karena itu, MAN IC Kota Kendari menggunakan daun pisang sebagai pembungkus daging kurban untuk dibagikan kepada warga karena lebih mudah didapatkan.

Kampanye bebas dari plastik tersebut disampaikan oleh Kepala MAN IC Kota Kendari pada rapat persiapan kurban beberapa waktu lalu.

“Dalam rangka persiapan lomba sekolah adiwiyata saya mengajak kepada kita semua  untuk tetap fokus dengan kampanye bebas dari sampah plastik. Termasuk dengan kurban yang akan kita bagikan, kita tidak lagi menggunakan plastik, tapi kita akan menggunakan daun sebagai ganti dari kantong plastik yang biasa dipakai”, jelasnya

Lebih dari itu, Kamad menghimbau agar sampah plastik yang ada di madrasah bisa digunakan kembali dalam bentuk kreatifitas unik seperti kerajinan tangan atau hiasan dinding. Dia mencontohkan bahwa botol plastik bekas minuman bisa diisi sampah pembungkus permen atau sampah berukuran kecil lalu dipajang sebagai hiasan dinding, tutupnya.[]

 

Sumber : Humas Man IC
Penulis : AGUSTAN/MAN Insan Cendikia Kendari
Editor : Syech
Dibaca : 80 kali