Kamis, 12 Desember 2019

Kakanwil Sampaikan Tiga Pesan bagi Penyuluh Agama Hindu

  • Selasa, 13 Agustus 2019 12:11 WIB

 

Kendari (Inmas Sultra) --- Kakanwil Kemenag Sultra, H. Abdul Kadir memberikan tiga pesan bagi penyuluh agama agar dapat menjadi penyuluh yang efektif di tengah masyarakat.

Pesan tersebut disampaikan Kakanwil di hadapan para penyuluh agama Hindu non PNS se Sulawesi Tenggara pada rangkaian kegiatan Pembinaan Penyuluh Agama Hindu Non PNS Tahun 2019 bertempat di Hotel Venus Kendari. Selasa (13/8).

Dikatakan, agar efektif penyuluh agama memerlukan  kompetensi dalam memahami dengan baik dan benar pesan dari kita suci yang dianut.

“Harus intens dan rajin berdiskusi kepada pemangku agama dalam memahami ajaran kitab suci,”kata Kakanwil.

Selanjutnya, para ujung tombak pembinaan umat di daerah ini juga dituntut memiliki kemampuan dan metodologi penyampaian materi ajaran agama agar yang disampaikan tertarik dan dapat menerima dengan baik pesan keagamaan.

“Kita harus paham betul berbagai macam karakteristik dan latar belakang pendidikan umat, di satu sisi penyuluh juga harus mencegah paham keagamaan yang menyimpang,”lanjutnya.

Pesan ketiga yang disampaikan, agar para penyuluh mampu menjadi teladan di tengah- tengah umat dengan memberikan contoh yang baik.

“Apa yang anda tau harus lebih dahulu dilaksanakan, agar menjadi contoh dalam mengajak masyarakat,”pungkas H. Abdul Kadir.

Kegiatan  Pembinaan Penyuluh Agama Non PNS di hadiri 52 peserta se Sulawesi Tenggara. Turut hadir Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra, Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil, serta para Penyelenggara Bimbingan Masyarakat Hindu Kabupaten.

Sumber : -
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 72 kali