Kamis, 12 Desember 2019

Idul Adha, MTsN 1 Muna Kurban Dua Ekor Sapi

  • Selasa, 13 Agustus 2019 10:30 WIB
Penyembelihan hewan kurban di MTsN 1 Muna

Raha (Inmas Sultra) --- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Muna tak mau ketinggalan merayakan Iduladha. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini MTsN 1 Muna berkurban dua ekor sapi sebagai bentuk rasa syukur. Kedua hewan kurban tersebut disembelih hari ini, Selasa (13/8) di halaman madrasah.

Kepala MTsN 1 Muna, Muhammad Kadarul yang ditemui seusai penyembelihan hewan kurban menyampaikan bahwa berkurban saat Iduadha sudah menjadi kebiasaan guru dan staf MTsN 1 Muna.

“Alhamdulilah tahun ini kami MTsN 1 Muna diberi rezeki untuk berkurban sebanyak dua ekor sapi. Ini merupakan kebiasaan dari tahun ke tahun. Selain sebagai bentuk rasa syukur kami kepada Allah SWT, hal ini merupakan pembelajaran dan contoh pendidikan karakter yang baik bagi siswa. Dengan berkurban, siswa dapat belajar berbagi, menghormati perbedaan baik tata cara pelaksanaan ibadah kurban, maupun hari pelaksanaannya, “ujarnya.

Lebih lanjut, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) MTsN 1 Muna, Faridah Binti Lasanipa menjelaskan bahwa kurban merupakan ibadah dua dimensi, yakni ibadah kepada Allah SWT dan ibadah sosial.

“Kurban dikatakan ibadah langsung kepada Allah SWT karena mengutamakan keikhlasan dan ketaatan. Penyembelihan hewan kurban harus menyebut nama Allah dan jauh dari kesyirikan. Kurban juga memiliki nilai ibadah sosial karena sebagian besar daging kurban dibagikan kepada masyarakat, terutama fakir miskin, “paparnya.

MTsN 1 Muna sendiri membagikan daging kurbannya kepada sejumlah siswa dan masyarakat yang kurang mampu.

 

 

 

Sumber : -
Penulis : Ika Aprianti, S.Pd/MTsN 1 Muna
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 90 kali