Senin, 26 Agustus 2019

Kepala Perpustakaan MAN IC Kota Kendari Ikuti Workshop Aplikasi SLIMS

  • Selasa, 13 Agustus 2019 10:13 WIB
Foto bersama peserta workshop aplikasi SLIMS di Ruang Perpustakaan Kemendikbud RI, Senin (12/8)

Kendari (Inmas Sultra) --- Dalam rangka pegembangan pengelolaan perpustakaan yang lebih baik dan profesional, Kepala Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari, Husnul Khotimah berkesempatan mengikuti workshop Aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS). Sesuai undangan yang diterima dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) pertanggal 30 Juli 2019, kegiatan ini digelar Senin (12/8) bertempat di Ruang Kelas Perpustakaan Kemendikbud RI.

Kegiatan ini diperuntukan bagi sekolah dan madrasah yang menggunakan aplikasi SLIMS di perpustakaannya. Dan sejak awal perpustakaan MAN IC Kota Kendari sudah menggunakan aplikasi SLIMS di perpustakaannya. Karenanya kegiatan ini sangat manfaat bagi pengelolaan perpustakaan MAN IC Kota Kendari yang lebih up to date.

Menghadirkan founder aplikasi SLIMS sebagai pembicara, Bapak Hendro Wicaksono mengulas berbagai bentuk pengelolaan perpustakaan dari era dulu sampai di era modern sekarang ini. bahwa pengelolaan perpustakaan juga  harus mengikuti perkembangan teknologi.

“Perpustakaan yang dikelola secara manual tentu bukan lagi zamannya sekarang, kita harus bisa menyesuaikan pengelolaannya dengan pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini. Tentu dengan aplikasi SLIMS ini pengelolaan perputakaan justru lebih memudahkan dan mempercepat pelayanan”, jelasnya.

Sementara itu kepala perpustakaan MAN IC Kota Kendari, Husnul Khotimah mengaku senang dengan banyaknya ilmu yang didapat dari workshop ini.

“Dalam kegiatan workshop ini, saya mendapatkan banyak informasi mutakhir bagaimana pengelolaan perpustakaan modern. Juga terdapat beberapa materi tentang pengembangan aplikasi SLIMS yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Dan menurut saya, pengelolaan perputakaan dengan menggunakan aplikasi SLIMS yang ada sekarang ini akan jauh lebih baik efektif dari sebelumnya”, ungkap Husnul Khotimah.

Untuk diketahui bahwa Senayan Library Management System (SLIMS) adalah perangkat lunak pengelolaan perpustakaan sumber terbuka (open source) yang pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakaan Kemendikbud. Dan saat ini SLIMS telah banyak digunakan berbagai perpustakaan di Indonesia termasuk sekolah dan madrasah.

Sumber : -
Penulis : AGUSTAN/MAN Insan Cendikia Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 38 kali