Senin, 26 Agustus 2019

Kasi PAI Kemenag Muna Diamanati Membawakan Khutbah Idul Adha Di Masjid Rutan Raha

  • Senin, 12 Agustus 2019 16:15 WIB
Kasi PAI Kemenag Muna, Drs. Hasan Singku, M.Si, Membawakan Khutbah Idul Adha di Masjid Rutan Raha, Ahad, 11 Agustus 2019

Raha (Inmas Sultra) --- Hari ini Ahad (11/8) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Raha dilaksanakan Shalat Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M.

Kurang lebih 400 orang termasuk Narapidana sejumlah 326 orang, memadati Masjid Rutan Raha.

Bertindak sebagai Khatib pada Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab) Muna Drs. Hasan Singku, M. Si, mengangkat Tema " Memaknai Arti Qurban".

Dalam kesimpulan Khutbahnya Hasan Singku mengatakan  bahwa, manusia tidak dibenarkan mengorbankan manusia lainnya untuk sesuatu kepentingan, sekalipun adalah kepentingan Tuhan.

" Yang berikut, seseorang dituntut berkorban, baik harta, jabatan dan kedudukan, bahkan jiwa sekalipun, tetapi jangan sekali-kali membawa efek yang merugikan orang lain.
Prinsipnya, lebih baik berkorban dari pada mengorbankan atau jadi korban orang lain," ujarnya.

Selanjutnya menurut Hasan Singku,  nilai pengorbanan itu tidak dilihat dari kuantitas, tetapi dari niat dan kualitas ketulusan dan keikhlasan.

" Makna lain dari berqurban adalah upaya mereformasi diri sendiri dengan jalan menyembelih serta membunuh watak dan tabiat hewaniyah yang kita miliki, seperti mau menang sendiri, tamak dan rakus serta bakhil, gila kekuasaan, ambisi yang tidak terkendali, sombong dan arogansi, iri hati dan dengki, tidak mau mendengar kritikan dan nasehat, dan lain-lain sebagainya dari segala sifat yang tidak terpuji," terangnya.

"Ibadah Qurban mengandung aspek Ilahiyah, disamping aspek Insaniyah.
Dalam aspek insaniyah (sosial) adalah menumbuhkan kekentalan persaudaraan (silaturrahim) dan meningkatkan protein dalam rangka mendorong semangat pengabdian kepada Allah SWT dan sesama manusia lainnya," pungkasnya.

Bertindak sebagai Imam Shalat, Ustadz Dahira.

Hadir pada pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M, Kepala Rutan Klas II B Raha, bersama jajarannya.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 49 kali