Senin, 26 Agustus 2019

Kakankemenag Bombana Kembali Dengan Proyek Perubahan

  • Senin, 12 Agustus 2019 15:58 WIB

Rumbia (Inmas Sultra) --- Rencana Proyek Perubahan (RPP) yang merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus disusun oleh peserta diklat PIM III dan PIM IV yang sedang di ikuti Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag)Kabupaten Bombana H. Juaming, S.Ag,  hari ini kembali dan langsung menggandeng Pengadilan Agama Kabupaten Bombana untuk bekerjasama dalam mewujudkan Proyek Perubahan yang di rencanakan mulai september selama 4 bulan kedepan. 12/08/2019

Dipromotori Langsung Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Terinspirasi Oleh Program Bupati Bombana H.Tafdil yaitu Nikah Gratis, Kakankemenag Bombana Membuat RPP Percepatan Layanan Penerbitan Buku Nikah di Daerah 3T ( Terpencil, Tertinggal, dan Terbelakang). dimana Kabupaten Bombana adalah salah satu wilayah kategori 3T Tersebut. 

H. Jumaing menyampikan dalam pertemuannya dengan Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Bombana dan Wakilnya "Bayaknya kasus di masyarakat yang sudah lama menikah namun belum memiliki surat atau bukuh nikah secara resmi menjadikan Proyek Perubahan Ini akan sukses serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap eksistensi Kementerian Agama apalagi tidak memungut biaya alias gratis"ungkapnya.

Ketua Pengadilan Agama Juga menjelaskan "secara resmi berdasarkan undang-undang nomor 1 tahun 2004 Itu sudah menjelaskan bahwa perceraian hanya bisa terjadi dan hanya bisa dilakukan di depan sidang. jadi kalau ada yang menikah lagi dan memiliki anak dari pernikahan keduanya akan berakibat fatal nantinya terkait dengan warisan dan pertanggungan apalagi akan dimasukkan dalam daftar tanggungan bagi yang berprofesi sebagai pegawai negeri atau karwayan lainnya."Ungkapnya.

Berdasarkan Hasil pertemuan di ruang Kankemenag ini di ambil kesimpulan bahwa sidang ISBAT Nikah yang merupakan bagian dari proyek perubahan ini akan dilaksankan di bulan september namun sebelumnya sudah harus terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) masing masing kecamatan atau di Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Bombana. 

Sumber : -
Penulis : Andi Arif Setiawan / Kemenag Bombana
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 10 kali