Kamis, 19 September 2019

JCH Kloter 24 Sudah Selesai Tawaf Umrah

  • Sabtu, 27 Juli 2019 07:42 WIB
Ketua Kloter 24, Mansur dan H. Sunardin TPIHI foto bersama Dr. Kaswat Sarton, ketua sektor 2 Mekkah Arab Saudi

Kendari (Inmas Sultra) --- Jemaah calon haji (JCH) yang berada di kelompok terbang (kloter) 24 sudah melaksanakan tawaf umrah di Masjidil haram Kota Mekkah Arab Saudi. Pelaksanaan kegiatan itu dilakukan belum lama ini.

Pembimbing Ibadah Haji Kloter 24, Sunardin menjelaskan, sebelum melaksanakan tawaf umrah, jemaah melakukan miqat ketika tiba di Jeddah Arab Saudi. Dia tidak memungkiri sudah ada beberapa jemaah yang mengambil miqat ketika tiba di Jeddah.

Menurutnya, setelah jemaah tiba di Arab Saudi, rombongan kemudian diangkut menuju Kota Mekkah dengan menempuh perjalanan sekira 2,5 jam.

"Dan alhamdulillah seluruh jemaah kloter 24, walaupun ada yang usia lansia dan dalam kondisi tidak sehat akibat kelelahan, semuanya sudah selesai melaksanakan tawaf umrah," ulasnya.

Saat ini, kata dia, jemaah calon haji sedang melaksanakan ibadah di Masjidil Haram. Saat ke masjid tersebut, jemaah diangkut menggunakan bus karena lokasi ibadah dan tempat penginapan agak jauh.

Ketua kloter 24, Mansur mengungkapkan kondisi jemaah calon haji di kloter 24 secara umum masih dalam kondisi sehat. "Dan mereka pun sudah melaksanakan tawaf umrah pada Kamis (25/7) mulai pukul 06.00 waktu Arab Saudi," ungkapnya.

Menurutnya, jumlah jemaah calon haji dan petugas di kloter 24 sebanyak 455 orang. Jemaah di kloter ini, katanya, menempati hotel nomor 209 dan nomor 210 di Syisyah Dua Arab Saudi. Jarak antara penginapan dengan Masjidilharam sekira 3,5 kilometer.

Jemaah yang akan ke Masjidil Haram pun menggunakan bus shalawat dengan menempu waktu sekira 10 menit. "Kalau dalam lancar, jarak yang ditempuh bisa 10 menit," aku Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sultra ini saat dihubungi via whatsapp, Jumat (26/7). 

Sumber : -
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 109 kali