Senin, 21 Oktober 2019

JCH Kloter 25 UPG Asal Sultra Resmi Diberangkatkan ke Jeddah

  • Kamis, 25 Juli 2019 11:24 WIB
Kepala UPT Asrama Embarkasih Haji Makassar H. Muh. Ikbal

Makassar (Inmas Sultra) ---Kepala Unit Pelaksana Teknis Asrama Haji Embarkasih Makassar H. Muhammad Ikbal resmi melepas 453 orang jemaah haji kloter 25 UPG menuju Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah Arab Saudi, bertempat di Aula 2 Pemberangkatan Asrama Haji Sudiang Makassar. Kamis (25/7) pagi.

453 orang JCH Kloter 25 UPG tersebut, Merupakan gabungan dari 7 kabupaten/kota yaitu Jemaah Haji asal Kota Kendari 94 orang, Buton 15 orang, Kota Baubau 172 orang, Wakatobi 103 orang, Konawe Kepulauan 11 orang, Buton Selatan 13 orang, Buton Tengah 39 orang, TPHD 3 orang dan petugas haji 5 orang sehingga total 453 orang.

H. Muhammad Ikbal, MA menghimbau kepada JCH untuk menjaga kebersamaan.

"Pelihara kekompakan dan kebersamaan. Dengan menjaga kekompakkan di tanah air, ketika di Arab Saudi sampai di tanah air pun insya Allah kembali dengan selamat dan insya Allah menjadi haji mabrur." Harapnya

Selanjutnya, H. Muhammad Ikbal yang mengaku lahir di Kota Baubau juga menyampaikan kepada seluruh jemaah untuk menjaga nama baik negara Indonesia.

"Sebagai duta bangsa akan bertemu umat Islam dari seluruh penjuru dunia dengan adat dan budaya beragam. Karena itu saya berpesan jaga nama bangsa kita, karena disamping sebagai jamaah tetapi JCH juga adalah duta bangsa, harus maklumi budaya bangsa lain," pesannya.

H. Muhammad Ikbal juga mengingatkan JCH agar jaga kesehatan karena situasi kota Mekkah sangat padat sehingga suhu sangat panas di atas 50 derajat celsius.

"Jaga kesehatan karena masih lama berada di Mekkah. Jaga stamina dengan banyak minum air, setiap jam minum air walau pun tidak merasa haus. Kemudian lakukan hal-hal yang wajib, kalau ada waktu lowong baru lakukan ibadah sunahnya," katanya.

Di akhir sambutannya H. Muhammad Ikbal menyampaikan ungkapan selamat jalan kepada seluruh jamaah. Seluruh doa terindah untuk para jamaah, seluruh doa mengiringi bapak dan ibu. Jaga pola makan, semoga Sehat walafiat. Dengan demikian, seluruh jamaah dapat meraih dan mendapatkan haji mabrur

Sebelum diberangkatkan, oleh PPIH Embarkasi Makassar, menyerahkan living cost kepada Jemaah haji. Di akhir pelepasan ditutup dengan penyerahan passport haji oleh petugas Imigrasi Makassar. Selanjutnya, JCH diberangkatkan menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar untuk diterbangkan menuju bandara internasional King Abdul Azis Jeddah Arab Saudi melalui Maskapai Garuda Indonesia dengan nmr penerbangan 1124 pada pukul 14.50 WITA.

Cerimony pelepasan jemaah haji ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih dari Panitia Embarkasi kepada Ketua Kloter 25, Drs. Sabir, yang juga merupakan Koordinator Pengawas PAI Kota Baubau.

Petugas haji yang menyertai sebanyak 5 orang, TPHI /Ketua Kloter 25, Drs. Sabir,
TPIHI, H. La Nuzuru, M. Pd., TKHI, dr. Ricky Atria yang didampingi dua orang Paramedis Azazi Nova B. Susanti, Wa Ode Zahrani Agus UM. Selain itu, ada 3 orang TPHD yang mendampingi JCH Kloter 25, H. Rukman, Ld. Abdullah, dan dr. Sabrina

Turut hadir dalam acara pelepasanJCH kloter 25 UPG, Kepala Kemenag Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali, dan H. Mukhtar Kepala Kemenag Buton. Selanjutnya, kepala kemenag Wakatobi, Halifah, Selain itu, hadir pula kepala Kemenag Buteng Muchtar, serta La Ode Marwijid kasi PHU Kemenag Kota Kendari.

Sumber : -
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 85 kali