Senin, 26 Agustus 2019

MAN 2 Bombana Utus 8 Siswanya Berlaga di Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Bombana

  • Sabtu, 20 Juli 2019 12:42 WIB
Kepala Sekolah MAN 2 Bombana, Guru Pendamping, dan Peserta Lomba KSM

Rumbia (Inmas Sultra) --- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2019 hari ini Sabtu (20/07/2019) secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bombana H. Jumaing, S.Ag yang bertempat di lapangan MTsN 2 Bombana. Acara tersebut dihadiri oleh para kepala sekolah Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MI), siswa/i peserta KSM tingkat MA, MTs, dan MI serta guru pendamping. Dalam sambutannya, selain memberikan motivasi, Jumaing juga mengungkapkan harapannya agar para peserta senantiasa mengikuti kegiatan dengan baik karena nantinya siswa yang meraih juara pada KSM tingkat kabupaten itu akan mewakili Kabupaten Bombana di tingkat provinsi September mendatang.  

Adapun bidang studi yang dilombakan untuk tingkat MA mencakup Matematika terintegrasi, Fisika terintegrasi, Biologi terintegrasi, Kimia terintegrasi, Geografi terintegrasi, dan Ekonomi terintegrasi.

MAN 2 Bombana sebagai salah satu  peserta mengutus sebanyak 8 siswa terbaiknya yang terdiri dari : Arafat Aljihadi Hakim (Matematika), Nuraisyah dan Fitrah Ramadhani (Geografi), Harniati dan Rezki Aulia (Biologi), Nur Rahma Windi (Ekonomi), Amelia dan Uli Muliahati (Kimia).

“Awalnya agak gugup karena ini pertama kali ikut KSM. Tapi Insya Allah kita optimis. Yang penting tetap fokus saat mengerjakan soal,” ujar Harniati.

Siswa kelas IX IPA itu juga mengatakan dirinya senang menjadi salah satu peserta yang diutus sekolahnya.

“Kegiatan seperti KSM bisa menjadi ajang adu kecerdasan dan wawasan pengetahuan di bidang studi tertentu. Menang kalah sudah biasa dalam kompetisi, yang penting tunjukan kemampuan kita sebatas mana. Kalau belum juara, berarti harus belajar lebih giat lagi,” tutupnya.

KSM tingkat Kabupaten Bombana yang digelar tahun 2019 ini mengangkat tema Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat Bermartabat. Kegiatan ini diikuti sebanyak 251 siswa mulai tingkat MI hingga MA.

 

Sumber : -
Penulis : NAFILAH/MAN 2 Bombana
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 328 kali