Senin, 26 Agustus 2019

Hadiri Bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten Wakatobi 2019, Kakanwil Jelaskan Tugas Utama Pemerintah

  • Kamis, 27 Juni 2019 07:08 WIB
Kakanwil saat memaparkan materi dihadapan Jamaah Haji Kabupaten Wakatobi 2019

Wangi-Wangi (Inmas Sultra) --- Ada tiga tugas utama pemerintah dalam pelaksanaan ibadah haji. Tugas pertama adalah memberikan pembimbingan, kedua adalah memberikan pelayanan, dan yang ketiga adalah memberikan perlindungan. Hal tersebut itu dilakukan agar jamaah dapat merasa aman, nyaman, serta khusyuk dalam melaksanakan ibadah haji.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Abdul Kadir saat memberikan materi tentang Kebijakan Kementerian Agama dalam Penyelenggaraan Ibadah haji pada Manasik Haji tingkat Kabupaten Wakatobi tahun 2019 di Aula Pesanggrahan Wakatobi, Rabu (26/06).

Pada kesempatan itu, H. Abdul Kadir juga mengungkapkan rasa syukurnya atas bertambahnya jumlah kuota jamaah haji tahun ini.

“Kita patut bersyukur karena berkat doa dan perjuangan kita bersama Negara mendapat tambahan kuota jamaah haji sebanyak 10.000 orang. Untuk kawasan timur Indonesia, Sulawesi tenggara berada di urutan kedua terbanyak dengan jumlah 315 jamaah," ngkap Abdul Kadir.

“Dari tambahan 315 jamaah tersebut, 50 persen kita prioritaskan untuk jamaah lansia. Hal tersebut semata-mata dilakukan untuk memberikan rasa keadilan bagi para jamaah," Abdul Kadir menambahkan.

Dihadapan para jamaah calon haji, Abdul Kadir juga membagikan sedikit pengalamannya ketika menjadi Ketua Kloter pada pelaksanaan Ibadah Haji sebelumnya. Dikatakanya bahwa salah satu hal penting yang harus dilakukan jamaah sebelum berangkat adalah membiasakan diri dan senatiasa menjaga kesehatan.

Tahun ini, Jamaah Haji Kabupaten Wakatobi yang tergabung dalam Kloter 26 Embarkasi Makassar berjumlah 103 orang. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 94 orang.

 

 

Sumber : -
Penulis : Arjun, S.Pd/Kementerian Agama Kab. Wakatobi
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 61 kali