Senin, 26 Agustus 2019

Kakanwil : Jambore Pasraman Salurkan Potensi Generasi Muda

  • Senin, 24 Juni 2019 10:23 WIB
Kaakanwil Kemenag Sultra, H. Abdul Kadir didampingi Pembimas Hindu dan Ketua PHDI Sultra saat menghadiri Seleksi Jombore Pasraman II Tingkat Prov. Sul

Kendari (Inmas Sultra) --- Kakanwil Kemenag Sultra, H. Abdul Kadir mengatakan Jambore Pasraman memberikan kesempatan kepada generasi muda yang memiliki sejumlah potensi agar bakat yang dimiliki dapat tersalurkan secara positif.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil ketika membuka kegiatan Seleksi Jambore Pasraman II Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2019 yang dilaksanakan selama tiga hari terhitung mulai tanggal 21 s.d 24 Juni 2019 bertempat di Hotel Plaza Kubra Kendari.

Lebih lanjut H. Abdul Kadir memberikan apresiasi seleksi Jambore Pasraman II yang menghadirkan perwakilan dari Kabupaten/Kota sebagai utusan terbaik daerahnya.

“Kita apresiasi dan sekaligus mendorong keterlibatan generasi muda dengan berbagai jenis lomba yang dipertandingkan, karena tahap awal meningkatkan kompetensi dan kemampuan anak melalui kompetisi semacam ini,”papar Kakanwil.

Selain itu, Kakanwil juga berpesan kepada para tokoh agama Hindu untuk mendorong keterampilan beragama generasi muda yang diikuti dengan kesadaran dan penghayatan kegamaan.

”ini tidak dapat dilakukan jika tidak memahami sumber-sumber kita suci, makanya perlu adanya kesungguhan hati dan proses memantaskan diri,” tambahnya.

Tak lupa Kakanwil berpesan kepada official dan juri untuk menilai secara objektif karena nantinya para pemenang jombore pasraman tingkat provinsi akan menjadi wakil daerah Sulawesi Tenggara pada ajang nasional di Provinsi Bali.

Sebelumnya Ketua Panitia yang juga Pembimas Hindu Kemenag Sultra, Ngakan Made Sudiana melaporkan Seleksi Jambore Pasraman II Tingkat Prov. Sultra Tahun 2019 diikuti sebanyak 238 Peserta dan Official.

“Jumlah ini meningkat meningkat dua kali lipat dari kegiatan jamboree pasraman sebelumnya pada tahun 2016 lalu,”katanya.

Sementara itu Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sultra, I Nyoman Sudiana mengatakan sudah seharusnya generasi muda hindu Sultra memberikan sumbangsi pemikiran dan kreatifitas yang berwawasan luas dan kritis namun dengan semangat membangun bangsa dan negara.

Olehnya dirinya pun berharap agar pengembangan jamboree pasraman pada masa mendatang dapat dilakukan secara professional dengan menghadirkan pelatih yang professional pula sehingga kemampuan anak dapat terus ditingkatkan tidak hanya sebatas kemampuan otodidak.

Sumber : -
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 55 kali