Jum'at, 30 Oktober 2020

3 Siswa MAN IC Kendari Lolos Hong Kong International Mathematical Olyimpiad

  • Senin, 17 Juni 2019 09:36 WIB
Foto bersama dengan pembina, Munawir, S.Pd.I dengan siswa peraih medali, Reisaldi JT (samping kanan pembina), Abd. Rahman (samping kiri pembina) & Fac

Kendari (Inmas Sultra) --- Satu lagi prestasi yang cukup membanggakan bagi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari. Dan ini merupakan prestasi yang cukup prestisius. Betapa tidak, dari 5 orang siswa yang ikut di ajang Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) ini, 3 diantaranya dinyatakan lolos sesuai dengan surat keputusan panitia yang dirilis pertanggal 1 Juni 2019 yang lalu.

3 siswa tersebut berkesempatan mengikuti babak final pada ajang Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) di kota yang tenar dengan julukan Pearl of the Orient, Mutiara dari Timur, di kota Hongkong selama sepekan. Mereka adalah Muhammad Fachri Wijaya dan Abdul Rahman, keduanya berhasil meraih medali emas (gold medal) dan Resaldi Jafar Tongku yang berhasil meraih medali perunggu (bronze medal). Sementara 2 siswa lainnya yaitu Fikri Surahman dan Rizki Fahlia Mubarak hanya mampu merebut juara harapan (merit medal) dan keduanya belum mendapat kursi di ajang ini.

Persaingan di ajang ini dapat dikatakan sangat ketat, karena hampir semua sekolah unggulan baik yang ada di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi ikut memeriahkan ajang yang cukup bergengsi di bidang matematika ini.

Menanggapi raihan prestasi ketiga siswanya ini, Kepala MAN IC, Abd. Basit tak mampu menyembunyikan rasa puas dan bahagianya. Dia mengaku sangat bangga dengan prestasi tersebut. Kamad yang dikenal visioner ini selalu mengatakan, “Teruslah mencari event-event penting baik event lokal maupun internasional, karena kita akan dapat mengukur kompetensi siswa dengan tepat jika ada lomba yang diikuti”, ungkapnya.

Lebih dari itu, selaku guru pembimbing, Munawir, S.Pd.I mengatakan, “Dengan kesungguhan tidak ada yang tidak mungkin bahkan untuk menembus event internasional seperti HKIMO ini. Siswa sudah menunjukan hasil dari usahanya selama ini”, pungkasnya.

Adapun jadwal babak final tersebut rencananya akan digelar pada 30 Agustus sampai dengan 2 September mendatang. Mereka nantinya akan bersaing dengan 101 siswa Indonesia lainnya dan ratusan siswa lainnya dari mancanegara.[]

Sumber : -
Penulis : AGUSTAN/MAN Insan Cendikia Kendari
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 3.742 kali