Jum'at, 03 Juli 2020

22 Santri Pondok Tahfidz Khalilul Qur'an Kolaka Wisuda Hafidz Al-Qur'an

  • Sabtu, 01 Juni 2019 23:43 WIB
Penyerahan Plakat Wisuda Tahfidz Pondok Khalilul Qur'an Kolaka oleh Ka. Kemenag Kolaka

Kolaka (Inmas Sultra) --- Sebanyak 22 santri Pondok Tahfidz Khalilul Qur’an Kolaka, Kecamatan Latambaga, Jumat (31/5) di Pendopo Utama Rumah Adat Mekongga Kolaka bertepatan dengan 26 Ramadhan 1440 Hijriah, menjalani wisuda setelah berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur'an 5 - 30 Juz.

Pengasuh Pondok Tahfidz Khalilul Qur'an Kolaka, Muslim, S.PdI mengatakan, para santri berhak diwisuda setelah menyelesaikan hafalan hingga 30 juz dengan metode Tahsin, Tajwid dan Tahfidz mulai dari juz pertama. 

"Salah satu santri yang khatam hafalan 30 juz dalam jangka waktu 1 tahun 10 bulan atas nama Nur Ashari Alsafirah Imran, putri dari H. Nur Alim Imran, asal Kab. Bombana. Rata-rata lama santri untuk hafal Al-Qur'an sekitar 2 tahun," tuturnya.

Masih menurut Muslim yang juga pengasuh di pondok ini menambahkan, selain menghafal saat shalat sunnah, para santri juga wajib setor hafal setiap hari. "Ada yang setor 5 halaman, dan juga setengah Juz untuk tiap harinya," bebernya mengungkap keberhasilan.

Meski memperdalam hafalan Al-Qur'an, santri lanjut Muslim, juga terdaftar di sekolah formal yang ada di Kab. Kolaka sehingga pendidikan formal para hafidz tetap terpenuhi selayaknya dengan siswa reguler lainnya. 

"Semua santri juga tetap terdaftar sebagai siswa sekolah lembaga formal. Dan para santri tersebut tidak dipungut biaya alias gratis," tambahnya.

Lebih lanjut Muslim menjelaskan, para santri penghafal Al-Qur’an ini berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara dan bahkan hingga Sulawesi Selatan. 

"Ada diantaranya selain Kab. Kolaka, juga berasal dari Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe Selatan, Bombana, Kota Kendari, Wakatobi, sedangkan yang dari  Sulsel, adalah Kab. Bone, Bulukumba dan Bantaeng. Hingga saat ini total santri mondok menghafal Al-Qur’an berjumlah 92 orang dan 45 orang lainnya masuk Ashar dan pulang Magrib," pungkas Muslim.

Hadir memberikan sambutannya dalam Wisuda Tahfidz Qur'an 30 Juz ini, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Kolaka, Drs. H. Abdul Aziz Baking, M.Pd, memberikan motivasi dan dorongan semangat kepada santri.

"Saya sangat bangga adanya pembinaan Tahfidz di Kolaka ini dan terlebih lagi setelah khatam hingga 30 juz. Bagi orang tua, tentunya tiada kebahagiaan lain yang lebih dirasakan kecuali menyaksikan putra dan putrinya mengkhatamkan hafalannya hingga 30 juz," ucap Aziz Baking.

Berikut daftar nama santri yang khatam sesuai tingkatannya adalah :
- Golongan 5 juz, Nur Asia Ulfah, Cahaya Virjinia, Rezky Amalia, Dzulkarnain, Aliyyah Fauhan Miftahul Jannah, Herwin, Sahrul, Dandi Kurniawan, Rifki, Al Majid Adam
- Golongan 6 juz, Asmi Muzayyanah, Hasma Niar, Ulfiani Syam
- Golongan 8 juz, Nur Hikmah
- Golongan 10 juz, Ashar Abukhair, Misbahuddin, Faisal
- Golongan 14, 15, 17 dan 18, masing-masing, Ribi Aprilia, Nur Azzira Alyah Rasifah, Andi Ratu Balqis, Nisaul Haq Bintu Has.

Turut menyaksikan, Kasubbag TU Kemenag Kolaka, Drs. KM. Hasbullah Abdullah, MH. dan Kepala Syabandar Pelabuhan Kolaka sebagai donatur tetap Pondok Tahfidz Khalilul Qur'an Kolaka.

Sumber : Muslim, S.PdI
Penulis : Adil, S.Kom/Kementerian Agama Kab. Kolaka
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 2.151 kali