Jum'at, 30 Oktober 2020

Ramah Tamah MTsN 2 Konawe, Kakan Kemenag : Mutiara Hikmah dalam Surat Al-Qasas Ayat 77

  • Kamis, 30 Mei 2019 09:35 WIB

Unaaha (Inmas Sultra) ---  Madrasah Tsanawiah Negeri  (MTsN)  2 Konawe, menggelar Ramah Tamah sekaligus buka puasa bersama, dalam rangka pengumuman hasil ujian kelulusan siswanya,  rabu (29/05) sore, di halaman sekolah tersebut dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Konawe, H. Ahmad Lita Rendelangi.

Dalam sambutannya Ka. Kan Kemenag menjelaskan bahwa harus ada keseimbangan antara dunia dan akhirat, sebagaimana tercantum dalam Al Qur’an Surat Al-Qasas Ayat 77 yang artinya, Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat  dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

“kita mengejar akhirat tapi jangan lupa bahwa kita masih hidup didunia, bagaimana kehidupan diakhirat, adalah cerminan dari kehidupan kita didunia,tetap harus berbuat dan memikirkan bagaimana kita membawa pahala dari dunia ini untuk persiapan di akhirat, jangan sampai kita lalai dalam menjalankan perintanNya dan menjauhi laranganNya”

H. Ahmad LIta, juga mengungkapkan bahwa di era sekarang ini, banyak faham-faham dan budaya barat yang telah masuk ke negara Indonesia yang bisa membawa pada kedangkalan berfikir umat, disinilah fungsi dari sekolah Madrasah, yang sejak dini mengajarkan pada penerus bangsa tentang  keseimbangan dunia akhirat, pendidikan sekolah berhasil dan pendidikan agama juga kuat.

Ka.Kan Kemenag juga mengharapkan agar pertemuan  dengan ortu siswa atau komite sekolah terus dilakukan, tujuannya agar komunikasi antara orang tua dan guru tetap tetap terjalin, sehingga sama-sama merasa bertanggungjawab, orang tua bertanggungjawab terhadap anaknya ketika berada dirumah dan guru bertanggungjawab terhadap pendidikan dan akhlak siswa disekolah, bukan hanya menggugurkan kewajiban mengajar 24 jam bagi sertifikasi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala MTsN 2 konawe. Abdullah, melaporkan bahwa jumlah peserta ujian pada MTsN 2 Konawe Tahun Pelajaran 2018/2019, adalah berjumlah 161 siswa, dimana sudah dua tahun terakhir ini, MTsN 2 Konawe telah melaksanakan ujian berbasis komputer / Android dan ditahun ini seluruh peserta ujian dinyatakan lulus seratus persen.

Abdullah. S.Pd juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua siswa yang sejak tiga tahun lalu telah menitipkan anaknya untuk di didik “ semoga apa yang telah kami berikan selama tiga tahun bisa menjadi bekal untuk mereka melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi “ harapnya.

Acara ini dihadiri Kakan Kemenag Kab. Konawe beserta rombongan, Kepala MI, MTs, MA, Camat Wawotobi, Ketua Komite, ortu siswa, siswa dan segenap guru dan staf MTsN 2 Konawe.

 

Sumber : Elysa Mirhana. S.Ip / MAN 1 KONAWE
Penulis : Elysa Mirhana. S.IP / Kemenag Kab. Konawe
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 13.906 kali