Jum'at, 14 Agustus 2020

Jelang UKS Tingkat Nasional, Kanwil Kemenag Sambangi MAN 1 Buteng

  • Selasa, 28 Mei 2019 13:10 WIB

(Inmas Sultra) --- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara sambangi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Buton Tengah jelang pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat nasional guna mengecek kesiapan sekolah mewakili Sulawesi Tenggara dalam waktu dekat ini.

MAN 1 Buton Tengah merupakan sekolah yang berhak mewakili Sultra pada even UKS tingkat nasional karena sebelumnya pada even UKS tingkat Provinsi menjadi juara I mengalahkan sekolah dan madrasah lainnya di Sultra.

Kehadiran Kementerian Agama yang dipimpin langsung Kakanwil Kemenag Sultra guna  mengecek kesiapan di lapangan serta memberikan pembinaan dan spirit bagi Madrasah unggulan tersebut.

Kakanwil, H. Abdul Kadir ketika menyambangi MAN 1 Buteng mengatakan jika dicermati dan dilihat dari lokasi dan sarana pendukung kegiatan belajar mengajar dalam mengimplementasikan kurikulum baik di dalam maupun di luar kelas sekolah ini sudah terlihat tertata dengan rapi dan memadai.

 “Kalau dicermati dilihat dari lokasi dan sarana pendukung untuk kegiatan belajar mengajar mengimplementasikan kurikulum baik di dalam maupun di luar kelas, halaman tertata rapi, didukung sarana olahraga yang memadai dalam pengembangan profesi anak kita,”ungkap Kakanwil yang juga  doctor manajemen pendidikan.

Namun demikian, menurutnya masih ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi secara adminstratif yang menjadi factor bagian pokok penilaian yang verifikasi faktualnya dapat dilihat langsung pada fisik sekolah.  

Dengan kesigapan jajarannya menghadapi UKS tingkat nasional tahun 2019 ini, Kakanwil menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak terutama jajaran Kantor Kemenag Kabupaten Buton Tengah dan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sultra yang memberikan penguatan dan motivasi membenahi apa saja yang menjadi kekurangan sekolah ini, tak kalah pentingnya ucapan terima kasih disampaikan kepada Pemerintah Daerah Buton Tengah melalui dinas terkait yang memberikan support yang luar biasa dalam melengkapi kebutuhan yang diperlukan

 Terakhir Kakanwil berpesan kepada civitas akademika MAN 1 Buton Tengah untuk secara terus menerus berusahsa tanpa mengenal kata berhenti. “Anda harus mekiliki kesabaran tanpa batas dalam menghapi situasi yang menjadi factor penghambat dalam mengemban amanah ini,”pungkasnya.

Senada dengan Kakanwil, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sultra, Mansur mengatakan kedatangan tim Kanwil untuk melihat lebih dekat kesiapan MAN 1 Buteng dalam rangka mengikuti even lomba uks tingkat nasional yang rencana akan digelar setelah lebaran.

 “Dari pemantauan kami terlihat MAN 1 Buton Tengah cukup berbenah dan mempersiapkan diri sebaik mungkin, walaupun secara fisik sudah bisa diandalkan namun dalam segi adminstrasi masih perlu dibenahi beberapa yang bersifat internal maupun kebutuhan UKS yang bersumber dari Dinas Kesehatan, Kesra dan Kabupaten.

Lebih lanjut Mansur berharap catatan juara yang pernah didapat Sultra yang ditorehkan MAN 1 Baubau bisa didapatkan kembali. “kita memiliki keinginan mengulang catatan juara satu UKS di MAN Baubau,  namun begitu kami selaku pembina di tingkat Provinsi jangankan sudah juara belum juarapun sudah merasa bangga dengan torehan prestasi membanggakan bagi lingkungan Kemenag Sultra,”katanya.

Di tempat yang sama ketika dikonfirmasi kesiapan mengikuti lomba UKS tingkat nasional, Kepala MAN 1 Buteng mengatakan pihaknya juga melibatkan kesiapan Organiasi Intra Sekolah (OSIS) mempersiapkan diri utamnya kegiatan-kegiatan terkait  yang dilakukan pengurus yang sudah di SK kan seperti  melibatkan juru pemantik jentik (jumantik) dan pengolah sampah berbasis lingkungan.

 

Sumber : -
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 57 kali