Jum'at, 14 Agustus 2020

Kanwil Kemenag Sultra Serahkan 181 SK CPNS

  • Jum'at, 24 Mei 2019 15:10 WIB

 

Kendari, (Inmas Sultra)--- Suasana gembira tengah menyelimuti 181 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra). Betapa tidak, Kamis (23/5), akhirnya para CPNS tersebut menerima Surat Keputusan (SK) CPNS, yang diserahkan di Aula Kanwil Kemenag Sultra.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sultra, H Abdul Kadir didampingi Kepala Bagian Tata Usaha (TU) Joko, yang menyerahkan langsung SK CPNS tersebut, memberikan ucapan selamat kepada para CPNS, dan berharap agar ASN yang masih berstatus CPNS tersebut, mulai mengabdikan diri dengan baik, mengemban tugas dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab. 

Selain itu, Abdul Kadir juga menekankan tiga poin penting yang menjadi kriteria penting untuk menjadi CPNS di lingkungan Kemenag sebelum melaksanakan tugas.

"Pertama, dipastikan lulus karena memenuhi persyaratan kompetensi yg disyaratkan sesuai dengan bidang pilihan masing-masing. Ini sudah melalui proses panjang, sistim CAT juga wawancara dan sebagainya," ungkapnya.

Kedua, lanjut Abdul Kadir harus memiliki pemahaman keagamaan yang baik. Menjadikn Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin. Harus menempatkan sikap keagamaan yang toleran, agar orang yang berada disekitarnya merasa aman, teduh nyaman, tidak terusik dan terlindung.

"Kita tidak mau Kemenag tercederai oleh faham-faham radikal, fundamentalis, ekstrimis yang menganggap orang lain tidak ada benarnya," jelas Abdul Kadir.

Poin ketiga, lanjut Kakanwil CPNS Kemenag harus jelas sebagai warga negara tentang posisinya di NKRI. Harus sadar bahwa dirinya hidup di sebuah bangsa yang beragam, dalam komunitas yang sangat besar. Sehingga kalau tidak dilandasi toleransi dalam beragama dan dalam pemikiran, maka bisa berakibat perpecahan.

"Jika ketiga poin tersebut bermasalah, maka status sebagai CPNS masih bisa dipertimbangkan apakah usulannya sebagai ASN Kemenag bisa dilanjutkan atau tidak," tegas Kakanwil.

Sementara itu, Sekretaris Itjen Kemenag RI Muhammad Tambrin, berkesempatan memberikan Pembinaan ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Sultra, turut menyampaikan nasehat-nasehat bagi para CPNS. 

Berbekal ilmu dan pengalamannya meniti jenjang karir sebagai ASN Kemenag, Tambrin berpesan agar CPNS Kemenag senantiasa bekerja jujur, ikhlas dan bertanggungjawab. 

Tambrin menambahkan, agar CPNS senantiasa bekerja dengan baik, jangan terlalu mengejar jabatan. Dalam bekerja dan menjalankan tugas agar lebih mengutamakan akal daripada nafsu dunia.

Acara penyehan SK CPNS tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kemenag kab/kota se Sultra, pejabat eselon III dan IV serta segenap ASN lingkup Kemenag Sultra.

Sumber : nani
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 672 kali