Senin, 21 Oktober 2019

Kasubbag Inmas Kemenag Sultra: Penulisan Berita Harus Berpedoman pada Konsep 5W+1H

  • Kamis, 02 Mei 2019 14:50 WIB
Kasubbag Kemenag Sultra memberikan materi pada Bimtek TIK

Kendari (Inmas Sultra) --- Hari kedua, Kamis (2/5) pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pegelolaan Teknologi Informasi (TIK) dan Media Elektronik di lingkup Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara diawali materi tentang Teknik Penulisan Teras Berita oleh Rahmad, di Hotel Plaza Kubra, Kendari. Bapak yang sehari-hari bekerja sebagai Kasubbag Inmas di Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara ini dalam pemaparan materinya menjelaskan bahwa penulisan teras berita bergantung pada keinginan penulis, yakni apakah diawali oleh unsur what (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa), atau how (bagaimana). 
         
Di samping  itu,  Rahmad menuturkan bahwa dalam membolak-balikkan teras berita harus memperhatikan penulisan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

"Penempatan teras berita pada intinya sama, dibolak-balik saja, tetapi pada saat dibolak-balik kalimatnya harus disesuaikan dengan aturan kebahasaan yang ada," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Rahmad menjelaskan pula alasan mengapa penulis harus memperhatikan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar, mengedepankan kaidah kesopanan, dan menghindari logat-logat daerah karena website ini adalah milik pemerintah.

 "Meskipun narasumber menggunakan logat daerah ketika berbicara, penulis harus memperbaiki logat tersebut menjadi kata atau kalimat yang benar, asalkan tidak mengubah  makna atau substasi yang sebenarnya pembicaraan narasumber," lanjutnya.

Proses pemaparan materi tersebut berlangsung menarik. Terbukti, beberapa peserta sangat antusias untuk mempresentasikan berita yang pernah ditulisnya untuk dinilai oleh pemateri atau peserta yang lain. 

Sumber : -
Penulis : Dirham / MTsN 1 Buton
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 73 kali