Senin, 26 Agustus 2019

Tingkatkan Kompetensi Guru PAI, Kemenag Butur Gelar Sosialisasi PPKB

  • Rabu, 01 Mei 2019 10:31 WIB
Kepala kantor saat memberikan sambutan pada acara PPKB

Buranga (Inmas Sultra) --- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buton Utara (Butur) melalui Seksi Pendidikan Agama Islam (Pendis) melakukan sosialisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). Kegiatan tersebut di hadiri oleh guru PAI Se -Kab. Butur yang digelar di Aula Kantor Kemenag Kab Butur, Senin (29/04) Sore.

Pada kesempatan tersebut Kasi Pendis Nurbayny, S.Pd menerangkan, kegiatan sosialisasi PPKB sangat penting dilaksanakan, salah satunya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru PAI. Dari beberapa kompetensi yang diwajibkan pada setiap guru mata pelajaran, terutama guru PAI harus memiliki kompetensi unggul dibidang spritual dan menjadi role model disetiap lapisan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kemenag Butur H. Muh.Seleh, S.Ag.,M.Pd.I menambahkan, sesuai namanya program ini diprioritaskan pada upaya peningkatan kompetensi  kinerja guru dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan dan berinovasi agar memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai tenaga profesional. Termasuk mengangkat citra, harkat, martabat profesi guru, rasa hormat dan bangga kepada penyandang profesi guru.

"Saya berharap guru - guri PPKB PAI harus bisa mandiri dan berinovasi seperti mandaftar langsung ke aplikasi Siaga sehingga mereka terdaftar secara on line sebagai guru PAI. Dan dari operator Kabupaten akan melakukan verivikasi data tersebut," harapnya.

Terlepas dari kegiatan PPKB PAI, pembelajaran seperti Kelompok Kerja Guru (KKG), dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) serta menghadirkan sejumlah mentor dan atau narasumber yang berpengalaman dalam seminar itu juga bisa meningkatkan kompetensi dan Mutu guru PAI. Dan juga yang lainya untuk pemahaman moderasi islam, pemetaan kompetensi guru PAI, sebagai gerakan revolusi mental dan serta berbagai daya guna kepentingan lainnya.


"Untuk itu saya berharap kepada semua guru -guru PAI untuk salalu berbuat baik dan berinovasi dan memberikan hal-hal baik di sekolah maupun di masyarakat, karena kita adalah keluarga Kementerian Agama penebar kedamaian disetiap lapisan masyarakat," pungksnya.

Sumber : Langsung
Penulis : BARDIMIN/Kementerian Agama Kab. Buton Utara
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 92 kali