Senin, 21 Oktober 2019

Kakanwil : UAMBN-BK Merupakan Tolok Ukur Keberhasilan Siswa

  • Rabu, 13 Maret 2019 08:20 WIB

Kendari, (Inmas Sultra)--- Hari ini, Rabu (13/3) serentak Madrasah Aliyah se Sultra melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK), seperti halnya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari. Hari perdana pelaksanaan UAMBN-BK ini, secara langsung dibuka Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sultra, H. Abdul Kadir.

Sebelum dibuka oleh Kakanwil, dalam laporannya, Kepala MAN 1 Kendari, Ma'sud Achmad S.Pd., M.pd menyebutkan, total peserta ujian tahun pelajaran 2018/2019 ini berjumlah 264 siswa dengan rincian 129 putera dan 135 puteri.

"Jumlah ini tersebar di empat jurusan, yakni jurusan IPA 127 orang, IPS 86 orang, Jurusan Keagamaan 33 orang dan sisanya jurusan Bahasa sebanyak 18 orang," urainya.

Ditambahkannya, jika 264 siswa tersebut akan berkutat dengan soal-soal ujian selama 15 hari, namun sebelumnya para siswa telah ditempa melalui latihan, simulasi dan gladi selama 21 hari. 

"Ujian kali ini juga melibatkan 6 teknisi dan 3 proktor, serta 1 teknisi nasional untuk memantau kelancaran proses ujian dan mengontrol siswa yang mengalami kendala teknis dalam menyelesaikan soal ujian," terangnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sultra H. Abdul Kadir menyampaikan bahwa UAMBN-BK tersebut dapat dijadikan instrumen yang menjadi alat ukur, serta berpengaruh pada pelaksanaan ujian kedua dan ketiga. 

"Ini juga akan menjadi tolok ukur, bagaimana siswa bisa menentukan nasib sendiri tentang kelanjutan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, serta menentukan pengalaman belajar siswa selama 3 tahun," jelas Kakanwil.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil juga memberikan motivasi kepada siswa, agar siswa semangat dalam menjalani ujian dan bisa mencapai hasil yang baik.

"Jangan lupa dibarengi dengan doa, dan semoga tahapan awal dari ujian hari ini brjalan lancar hingga tahapan akhir rangkaian ujian nasional,"harapnya.

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Nisa Nurhayati. S. IK
Dibaca : 103 kali