Rabu, 12 Desember 2018

Kemenag Buteng Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

  • Rabu, 05 Desember 2018 20:42 WIB
Peringatan maukid nabi Muhammad SAW di MTsN 1 Buteng

Labungkari (Inmas Sultra)--Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H. di Aula MTs Negeri 1 Buteng, Rabu,(5/12).

Hadir dalam acara itu Kepala Kemenag Buteng Muchtar, S. Ag., MA, didampingi oleh Kepala Tata Usaha (KTU) Habirun Ndanguru, M. Pd., Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Islam (Pendis) Basiuddin, S. Pd. I., M. Phil. Kasi Haji dan Umroh Abdul Asis Hasyim, S.Pd.,MM serta segenap karyawan dan karyawati Kemenag Buteng yang dirangkaikan dengan rapat koordinasi dan arisan darma wanita persatuan Kemenag Buteng.

Bertindak sebagai pembawa hikmah maulid, sesepuh Ustadz H. Riasin B. mengajak seluruh hadirin untuk selalu mengikuti apa yang telah dicontohkan dan diajarkan oleh Baginda Rasulullah Muhammad SAW dalam segala aspek kehidupan karena Rasulullah Muhammad SAW merupakan rahmatan Lil 'Alamin.

"Kalau Rasulullah lahir merupakan rahmat seluruh alam, maka alangkah baiknya kita sebagai pengikut dan umat Rasulullah juga mengikuti apa yang telah disampaikan oleh Allah SWT di dalam Al-Quran yang disebutnya sifat umat Rasulullah itu di dalam taurat dan Injil. Muhammad itu rasul Allah. Orang yang bersamanya paling keras terhadap orang kafir, tetapi terhadap sesama mereka luar biasa kasih sayangnya, mereka bersama-sama ruku' dan sujud, mencari karunia Allah bersama-sama, ada bekas di wajah mereka dari bekas sujud." Tuturnya

"Maka kalau Rasulullah merupakan rahmat seluruh alam alangkah baiknya kita ikuti juga apa yang disebutkan Rasulullah dalam hadisnya yang artinya siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian maka hendaklah memuliakan tetangganya, siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian maka hendaklah menghormati tamunya, siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian alangkah baiknya berkata-kata dengan kata-kata yang benar, kalau tidak lebih baik diam." Tambahnya

Setelah penyampaian hikmah Maulid, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Kemenag Buteng, Muchtar, S. Ag., MA. Mengawali sambutannya, Muchtar mengajak seluruh ASN untuk mengevaluasi kinerja yang selama ini telah dilaksanakan di tahun 2018.  Dirinya mengingatkan empat unsur atau aspek peran dan fungsi suatu lembaga yang diamanatkan pemerintah dan undang-undang dalam hal ini Kemenag Buteng. Pertama, efektif dan efisien. Kedua, melayani berbasis IT. Ketiga, bersimpati, dan yang keempat SDM yang berkompeten dan berkompetisi.

Selanjutnya, Muchtar menuturkan betapa pentingnya menghadirkan unsur illahiah untuk menunjang kinerja setiap ASN.

"Kita sekarang tercengang merujuk pada peristiwa pembantaian di Papua bahwa manusia itu walaupun kuat, tangguh, gigih dalam kerjanya tetapi tetap membutuhkan kekuatan di luar kekuatan manusia yaitu unsur illahiah. Artinya walaupun kita ini cakap, mantap dalam beradministrasi dalam suatu lembaga tetapi unsur illahiah perlu kita hadirkan. Itulah peringatan Maulid pada kesempatan ini adalah bagaimana upaya kita agar bisa mencontohi dan meneladani sifat Rasulullah serta kekuatan Illahiah yang perlu kita hadirkan untuk menunjang kinerja kita." Tuturnya

Dalam peringatan maulud ini, dimeriahkan persembahan anak-anak RA As-syukuriyah dengan tariannya, MIN 1 Buteng dengan qasidah rebananya, dan MTsN 1 Buteng dengan bintang vokalisnya berpartisipasi mengisi acara hiburan peringatan maulid tersebut.(Erm)

Sumber : Ernawati
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 86 kali