Rabu, 12 Desember 2018

Gubernur Buka Porprov Sultra XIII, Kepala Kemenag Kolaka Pimpin Doa Bersama

  • Rabu, 05 Desember 2018 13:56 WIB

Kolaka (Inmas Sultra) --- Hari ini, Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi membuka pesta olahraga tingkat provinsi, Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara (Porprov Sultra) XIII Tahun 2018 di Stadion Gelora 45 Kab. Kolaka, Rabu (5/12).

Dalam sambutannya, Ali Mazi mengapresiasi yang tinggi kepada Bupati Kolaka atas penyelenggaraan Porprov Sultra yang sangat besar, megah dan spektakuler.

"Kegiatan ini tidak salah jika saya mengatakan termasuk program 100 hari kepemimpinan kami bersama wakil gubernur setelah dilantik, dan setahu saya setelah sekitar 30 tahun yang lalu Kab. Kolaka juga sebagai tuan rumah yang dulunya disebut Porda dan tentunya mengalami peningkatan yang sangat pesat," ungkapnya.

Lebih Lanjut, Ali Mazi berpesan kepada Panitia, Juri dan Wasit untuk selalu bertindak jujur dan benar, adil dan tidak berpihak, serta menjunjung tinggi sportifitas olah raga.

"Kepada seluruh atlit saya ucapkan selamat bertanding, bukti kapasitasmu sebagai atlit yang berprestasi dan membanggakan daerah dan kabupaten masing-masing," pesan Ali Mazi yang juga selaku Ketua KONI Sultra.

"Medali bukan tujuan utama tetapi juara sejati adalah kejujuran, kebenaran dan sportifitas sebagai olahragawan," harapnya menutup sambutannya.

Setelah membacakan sambutannya, didampingi Perwakilan KONI Pusat, Wakil Gubernur Sultra selaku Ketua KONI Sultra serta Bupati Kolaka, selanjutnya membuka Porprov Sultra XIII Tahun 2018 yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pelepasan burung merpati.

Meski level provinsi, panitia mengklaim acara pembukaan kali ini adalah yang terbesar dan termegah selama sejarah  pelaksanaan Porprov Sultra dengan melibatkan kurang lebih 10.213 peserta.

Menurut Ketua Umum Panitia Pelaksana Porprov Sultra XIII Tahun 2018, H. Ahmad Safei, SH.MH. yang juga menjabat Bupati Kolaka, kegiatan Porprov ini juga menjadi ajang seleksi menuju PON di tingkat nasional dengan tema "Meraih Emas Menuju Indonesia Jaya" dan motto "Sultra Tegar".

"Pembukaan kali ini akan menjadi pembukaan pesta olahraga terbesar sepanjang sejarah di Sultra. Ini akan menjadi warisan atau sejarah yang berharga bagi generasi penerus di Sultra khususnya Kab. Kolaka," Kata Ahmad Safei dalam laporannya.

Pembukaan Porprov Sultra XIII Tahun 2018 diawali acara seremonial dengan beberapa atraksi menarik bagi penonton diantaranya Tari Kolosal dengan melibatkan jumlah personil sekitar 1.260 orang, Defile yang dipandu oleh Marching Band Gita Abdi Praja IPDN Kampus Sulawesi Selatan sejumlah 135 orang Praja, yang tak kalah meriahnya, juga disuguhi aksi Terjun Payung dan Paramotor oleh 12 orang Prajurit Paskhas TNI Angkatan Udara Pangkalan Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Kolaka, H. Abdul Aziz Baking, juga terlibat langsung sebagai petugas upacara untuk memimpin doa bersama.

Pelaksanaan Porprov Sultra XIII 2018 Rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 5 sampai dengan 14 Desember 2018 dan mempertandingkan dan memperlombakan 34 cabang olahraga

dengan rincian 659 Medali Emas, 659, Medali Perak dan 883 Medali Perunggu.

Hadir mendampingi Gubernur Sultra, Ketua DPRD Provinsi Sultra, Anggota Forkopimda Sultra, para Bupati dan Wakilnya serta pejabat lingkup Pemprov. dan Kabupaten / Kota se Sultra.

 

Sumber : (AJ)
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 76 kali