Rabu, 12 Desember 2018

Kepala MTsN 1 Bombana : Penerapan Rapor Digital, Tantangan Baru Bagi Siswa

  • Rabu, 05 Desember 2018 08:54 WIB

Rumbia, (Inmas Sultra)--- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bombana, mulai menerapkan sistem penilaian melalui rapor digital. Nilai yang akan diinput melalui raport digital meliputi nilai ujian semester, nilai harian, nilai keterampilan, nilai sikap termasuk akumulasi kehadiran siswa. Dari semua nilai tersebut, akan terakumulasi secara otimatis oleh sistem.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala MTsN 1 Bombana Lukman, saat memberikan arahan pada hari terakhir ujian semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019, Selasa (4/12). Ujian semester yang dimulai sejak 26 November ini, ditutup dengan ujian Bidang studi Bahasa Indonesia.

Adapun peserta ujian semester ganjil tersebut hingga akhir pelaksanaan diikuti 128 siswa yang terdiri dari kelas VII, VIII  dan IX sejumlah banyaknya MTsN 1 Bombana.
Kepala MTsN 1 Bombana dalam arahannya mengingatkan kepada seluruh siswa agar setelah selesai ujian semester ini segera selesaikan tiap mata pelajarannya yang bermasalah.

"Saya ingatkan pada seluruh siswa, raport tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun sebelumnya masih menggunakan aplikasi raport manual, tahun ini sudah menggunakan raport digital yang penilaiannya terstruktur. Semua nilai yang diperoleh, diinput di raport," jelas Lukman.

Lukman menegaskan, nilai yang akan diinput di raport digital adalah mulai nilai ujian semester, nilai harian, nilai ketrampilan, nilai sikap termasuk akumulasi kehadirannya. Hal ini merupakan tantangan baru bagi siswa. Keseluruhan nilai tersebut akan terakumulasi secara otomatis oleh sistem.

"Oleh karena itu, bagi siswa yang remedial, segera cari gurunya, minta segera dilakukan pengulangan," tegasnya.

Lukman juga mengimbau dewan guru, yang sempat bertugas, agar mengarsipkan semua lembar kerja siswa dan nilai hasil ujian.

"Saya himbau kepada dewan guru agar semua lembar kerja siswa, termasuk hasil nilai ujian semesternya diarsipkan, tujuannya buat pembuktian bagi orang tua atau wali siswa yang keberatan terkait nilai yang diperoleh anaknya,  bisa kita perlihatkan hasilnya. Selain itu juga sebagai dokumen sekolah yang sewaktu-waktu ada pemeriksaan kita masih punya arsipnya," pungkasnya.

Hadir dalam arahan tersebut, para wakil kepala Madrasah, dewan guru dan Staf.

Sumber : Agus Akmal
Penulis : Wa Ode Asnani. S. IP
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 62 kali