Rabu, 12 Desember 2018

Buka Aksioma MTsN 1 Kendari, Kamad Amanatkan Tiga Hal

  • Rabu, 05 Desember 2018 05:14 WIB
Pembukaan Aksioma pada MTsN 1 Kendari Selasa (4/12/2018)

Kendari ( Inmas Sultra) --- Gelaran tahunan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga (Aksioma) antar kelas tingkat Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kendari, resmi dibuka oleh kepala madrasah La Duku, S. Ag., M. Pd., di lapangan MTsN 1 Kendari. (Selasa, 4/12/2018) pagi.

Kegiatan ini merupakan program tahunan menandai berakhirnya proses pembelajaran semester ganjil yang dipungkas dengan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS).

Upacara pembukaan yang dihadiri oleh seluruh siswa, guru dan pegawai JFU MTsN 1 Kendari, dimulai dengan pembacaan janji wasit dan janji atletik.

Aksioma tahun ini mengusung tema "Dengan Semangat Aksioma Kita Tingkatkan Sportivitas untuk Membangun Karakter Madrasah Hebat Bermartabat Menuju Prestasi Lebih Baik."

La Subuh, S. Pd., M. Pd., dalam laporannya menyampaikan tujuan dari pelaksanaan Aksioma antar kelas ini untuk memperkokoh semangat persaudaraan antar siswa dan seluruh stakeholder madrasah tsanawiyah negeri 1 Kendari. Aksioma yang berlangsung selama 3 hari ini, juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang olahraga dan seni.

Sementara itu, melalui sambutanya La Duku mengamanatkan tiga hal penting terkait pelaksanaan Aksioma kepada seluruh atlet.

"Aksioma antar kelas ini merupakan ajang pencarian bibit-bibit siswa berprestasi yang menjadi cikal bakal
terpilihnya siswa yang kelak akan menjadi wakil MTsN 1 Kendari pada Aksioma tingkat kota, tingkat provinsi, bahkan sampai ke tingkat Nasional jika berhasil," tegas La Duku, disambut tepuk tangan siswa.

Selanjutnya dirinya menyebut siswa terbaik pada Aksioma antarkelas ini, baik itu bidang sains, seni kaligrafi, maupun olahraga bulu tangkis dan tenes meja, akan kita berikan pembimbingan dan pembinaan lebih intens guna persiapan Aksioma tahun 2019 mendatang.

La Duku juga menambahkan bahwa kegiatan Aksioma kali ini juga dimaksudkan untuk mengasah dan melatih skill siswa dan siswi terkait kesiapan mengikuti kejuaraan antar pramuka tingkat nasional, yang akan digelar bersamaan gelaran Aksioma bulan Agustus tahun mendatang.

Di akhir sambutannya La Duku mengingatkan kepada semua peserta Aksioma untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai kejujuran dan Sportifitas.

"Mari berlomba untuk tunjukkan prestasi dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan semangat Sportivitas. Jujur adalah merupakan harga mati dalam menunjukkan identitas madrasah hebat bermartabat." Pungkasnya.

Pada Aksioma kali ini ada tujuh cabang lomba yang dipertandingkan, yakni; bulu tangkis putra dan putri, tenes meja perorangan putra dan putri, kaligrafi, tahfidzul Qur,an, lomba rangking satu, lomba tilawah, dan bola futsal.

Dibanding Aksioma tahun sebelumnya, materi lomba kali ini lebih fokus pada materi lomba yang biasa di dipertandingkan hingga ke tingkat nasional, sehingga ada beberapa cabang lomba yang ditiadakan.

Pelaksanaan Aksioma antar kelas ini akan berlangsung selama tiga hari mulai Selasa, 4 Desember hingga Kamis, 6 Desember 2018.(Yst)

Sumber : Yusnawati
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 72 kali