Rabu, 12 Desember 2018

Kemenag Butur Gelar Bimtek Simkah Berbasis Web

  • Selasa, 04 Desember 2018 17:46 WIB
Suasana Bimtek Simkah Berbasis Web di Kemenag Butur

Buranga (Inmas Sultra) ----  Dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat dalam urusan pernikahan, Kementerian Agama Buton Utara menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Manajemen Nikah Berbasis Web (Simkah Web) tahun 2018. Kegiatan yang dipusatkan di ruang Bimas Islam Kemenag Butur yang berlangsung selama 2 hari sejak Senin hingga Selasa (3 s.d. 4/12/2018) dihadiri oleh seluruh Kepala dan operator KUA se-Buton Utara.

Bimbingan teknis tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan melalui program Bimbingan Masyarakat Islam pada Kantor Kemenag Butur tahun anggaran 2018.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut tidak lain adalah untuk mengoptimalkan serta menyeragamkan pemahaman ASN yang berada di KUA terkait pencatatan Perkawinan berbasis Website.

Pada kesempatan Bimtek Simkah Web tersebut, Kepala Kemenag Butur, H. Muhammad Saleh, S. Ag., M. Pd. I. mewanti-wanti kepala KUA dan operatornya agar tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa mengoperasikan aplikasi Simkah web.

"Sejak Launching SIMKAH WEB yang dilakukan oleh Menteri Agama bulan lalu secara nasional, maka semua Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) atau operatornya harus bisa mengoperasikan Simkah web ini, jangan hanya main facebook saja, sekarang semua serba digital berbasis aplikasi karena saat ini kita berada di zaman milenial" lanjutnya.

Dalam Bimtek tersebut, Kemenag Butur menghadirkan langsung instruktur Simkah Web dari Kanwil Kemenag Sultra Kasman Rafia, S. Sos. I. Dalam paparannya, Kasman menyampaikan bahwa aplikasi Simkah Website adalah program prioritas Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI yang berkaitan dengan pencatatan nikah secara online.

"Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dan mengantisipasi adanya rekayasa data yang dilakukan oleh calon pengantin (catin)" ujarnya.

Lanjut Kasman, "kita dapat mengetahui status perkawinan seseorang hanya dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bersangkutan karena data yang diinput pada Simkah Web ini terintegrasi langsung dengan data Kependudukan dan Catatan Sipil secara nasional" pungkasnya.

Terpantau hingga pukul 01.00 selasa dini hari, para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut, terbukti dengan banyaknya pertanyaan peserta kepada pemateri. Pada akhir kegiatan, Kepala KUA dan operator diajarkan cara cetak dokumen nikah hingga cetak buku nikah dan kartu nikah. (imin)

Sumber : Humas Kemenag Butur (Bardimin)
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 65 kali