Rabu, 12 Desember 2018

Kafilah Sultra Rebut 3 Medali, pada MTQ Nasional V Korpri Tahun 2018 di Jakarta

  • Senin, 19 November 2018 09:29 WIB
Foto Peserta Arif Muhammad Juara 1 Hifdzil 5 Juz, Butsiani, Juara II Hifdzil jus 30, dan Juara 3, Syamsu Alam Surat Hifzdil 7 Surat Pilihan

Kendari (Inmas Sultra) --- Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Nasional bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IV Korpri tingkat nasional 2018 di Jakarta, 10-17 November 2018. MTQ Nasional IV Korpri yang dibuka oleh Menteri Agama pada tanggal 11 November 2018 di Padepokan Pencak Silat TMII, sedangkan closing ceremony berlangsung Sabtu (17/11/2018) pukul 20.45 WIB, yang ditutup secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian dalam Negeri, Hadi Prabowo mewakili Menteri dalam Negeri dan didampingi Ketua Umum Korpri, Zudan Arif Fakrulloh dan Sekda DKI, Saifulloh.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara yang diwakili Plt. Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf, H. Zainuddin, MZ dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa Kafilah Sulawesi Tenggara yang hadir pada MTQ Nasional IV Korpri di Jakarta ini, berhasil torehkan prestasi yang membanggakan bagi Korpri Provinsi Sulawesi Tenggara. Kafilah Sulawesi Tenggara berhasil menyabet 3 medali, khusus untuk cabang Hifdzil Alquran, dan 2 orang meraih harapan 1 pada cabang Tilawah dan Dakwah.

“Kafilah MTQ IV asal Sulawesi Tenggara berhasil meraih 1 medali emas (Juara 1) Putra, Arif Muhammad, S. Pd. M. Pd. pada Cabang Tahfidz Golongan 5 juz, 1 medali Perak (Juara 2) Putri, Butsiani, S. Pd. I. pada Cabang Tahfidz Golongan juz 30, dan 1 medali perunggu (juara 3) Putra, Syamsu Alam, pada cabang Tahfidz Golongan 7 surah pilihan. Selain itu, Kafilah MTQ Korpri asal Sultra juga berhasil meraih harapan 1 Tilawah putri, Hj. Hasbiah, S. Pd.I. dan harapan 1 cabang Dakwah Islam, Syaifuddin Mustamin, S. Ag.” Kata H. Zainuddin MZ, melalui rilis tertulisnya.

Keluar sebagai juara umum pada MTQ Nasional IV Korpri, Provinsi Banten dengan memperebutkan piala bergilir Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri nasional. Khusus untuk kafilah MTQ Provinsi Sultra yang meraih 3 medali, di samping mendapatkan piala dan piagam, juga diberikan uang Pembinaan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, Zudan Arif Fakhrullah mengatakan, Ajang kontes pembacaan ayat suci Alquran kali ini mengusung tema 'Dengan MTQ Korpri kita wujudkan Anggota Korpri yang Berpikir dan Bekerja Cerdas serta Berakhlakul Karimah'.

“Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT melalui pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Alquran, khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai anggota Korpri. Selain itu, MTQ Nasional ke 4 Korpri sekaligus menjadi ajang silaturahmi, arena unjuk kebolehan para ASN, sekaligus sebagai sarana syiar dan dakwah untuk membumikan nilai-nilai Al Quran ke dalam kehidupan sehari-hari khususnya ke dalam sendi-sendi birokrasi.”sebut Zudan Arif Fakhrullah melalui rilis tertulisnya usai clossing Ceremony MTQ IV tahun 2018 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta pada Sabtu, 17 November 2018 malam.

Dia juga melaporkan bahwa MTQ Nasional IV Korpri Tahun 2018 yang diselenggarakan di Provinsi DKI Jakarta merupakan MTQ yang ke-4 sementara MTQ I Korpri Tingkat Nasional Tahun 2012 dilaksanakan di Makassar, MTQ II Korpri Tingkat Nasional Tahun 2014 di Banda Aceh, serta MTQ III Korpri Tingkat Nasional di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2016. MTQ IV Korpri Tingkat Nasional Tahun 2018 diikuti oleh para kafilah yang mewakili 34 (tiga puluh empat) Provinsi dan 76 (tujuh puluh enam) Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian serta beberapa Lembaga lain.

Pihaknya juga melaporkan cabang dan golongan yang diperlombakan/ dimusabaqahkan terdiri dari lima cabang dengan delapan golongan.

“(1) Cabang Tartil Alquran: Golongan Tartil Alquran (Putra dan Putri), (2) Cabang Tilawah Alquran: Golongan Tilawah Alquran (Putra dan Putri), (3) Cabang Hifzh Alquran terdiri atas: Golongan Juz 30 (Juz Amma) (Putra dan Putri); Golongan dua Juz Plus (surah al-Baqarah) (Putra dan Putri); Golongan lima Juz Plus (surah al-Baqarah s.d an-Nisa) (Putra dan Putri); Golongan 7 (tujuh) surat pilihan (al-Kahfi, as-Sajadah, Yasin, ad-Dukhan, ar-Rahman, Al-Waqi’ah dan al-Mulk) (Putra dan Putri). Kemudian (4) Cabang Dakwah Alquran: Golongan Da’i dan Da’iyah (Putra dan Putri). (5) Cabang Khath al-Qur’an, terdiri atas: Golongan Dekorasi (Putra dan Putri) dan Golongan Kaligrafi Kontemporer (Putra dan Putri),” Katanya.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, Zudan Arif Fakhrullah juga menyebut dalam rilisnya, MTQ Ini diikuti oleh 31 Provinsi dan 34 Kementerian dan Lembaga. Adapun Hasil 10 Besar MTQ Nasional IV Korpri: (1) Banten, (2) Jateng, (3) Aceh, (4) Jambi, (5) Sumut, (6) DKI Jakarta, (7) Sulteng, (8) NTB, (9) Kalsel, (10) Sumbar.

“Saya mengucapkan selamat atas capaian masing-masing kafilah. Saya mencatat kemajuan yang luar biasa dari kualitas para ASN yang ikut MTQ ini. Hal ini menunjukkan pembinaan bidang kerohanian berjalan sesuai dengan rencana. Yang menarik adalah rangking 1 sd 10 besar perolehan juara seluruhnya adalah dari Korpri Daerah. Dari Kementerian dan Lembaga belum ada yang beruntung bisa masuk 10 besar.” Ungkap Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, Zudan Arif Fakhrullah.

Menyinggung mengenai provinsi yang menjadi tuan rumah pada MTQ Nasional V Korpri tahun 2020, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, Zudan Arif Fakhrullah menyebut Sulawesi Tenggara telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah. Kepastian Provinsi Sultra menjadi tuan rumah, Zudan, menukil Surat yang telah dilayangkan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, S. H. Yang ditujukan kepada Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional.

“MTQ Korpri V tahun 2020 akan di selenggarakan di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, S.H secara khusus bersurat menyampaikan permohonan kepada Ketua Dewan Pengurus Korpri Nasional agar ditunjuk sebagai tuan rumah.Hal ini, direspon secara positif oleh Dewan Pengurus Korpri Nasional,” tandasnya.

Di akhir rilisnya, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, Zudan Arif Fakhrullah secara khusus menyampaikan permohonan maaf dan ucapan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah terlibat langsung dalam kegiatan ini.

“Saya menghaturkan permohonan maaf dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak dan pemangku kepentingan, atas kekurangan, ketidaksempurnaan, dan atas semua hal yang tidak berkenan di hati Ibu/Bapak semua. Sekali lagi, saya sebagai Ketua Umum Korpri Nasional sekaligus penanggung jawab akhir MTQ Nasional ini memohon maaf yang sedalam-dalamnya,” pungkasnya.

 

Sumber : -
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 55 kali