Sabtu, 17 November 2018

Kemenag Muna Barat Gelar Pelatihan Humas

  • Jum'at, 09 November 2018 04:49 WIB

Laworo, (Inmas Sultra)--- Dalam rangka meningkatkan kinerja bidang Hubungan Masyarakat (Humas), Kementerian Agama (Kemenag) Muna Barat (Mubar) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Kehumasan di Aula Kemenag Mubar, Kamis (8/11).

Kegiatan yang dibuka Kepala Kemenag Mubar Drs H Kammarudin MSi tersebut, diikuti seluruh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan Kepala Madrasah se-Kabupaten Mubar.

Dalam sambutannya Kammarudin menyampaikan, seluruh unsur yang terlibat dalam Kehumasan Mubar harus proaktif dalam mempublikasikan seluruh progress dan kegiatan di lingkup Kantor Kemenag Mubar.

"Seluruh unsur Humas  Kemenag  Mubar harus proaktif dalam mempublikasikan seluruh kegiatan di lingkup Kemenag Mubar. Terlebih, jika itu menyangkut progress lembaga," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kasubbag TU Kantor Kemenag Mubar Drs La Ode Safludin MAg. Menurut Safludin, Kegiatan pelatihan Humas sangat dibutuhkan terutama untuk mempublikasikan kinerja ataupun prestasi sekolah-sekolah dibawah naungan Kemenag Mubar.

"Segala informasi yang sifatnya positif akan kita publikasikan, terutama menyangkut kegiatan Kemenag dan satker yang berada di bawah naungan Kemenag Mubar, termasuk prestasi yang diraih madrasah kita. Dengan demikian, prestasi, program kerja serta kegiatan kita bisa lebih diketahui masyarakat luas," jelasnya.

La Ode Alim R Ishak SPd MPd, yang dihadirkan sebagai pemateri, memaparkan pentingnya peran dan fungsi humas pada sebuah instansi atau lembaga. Menurut Alim yang merupakan  dosen STAI Syarif Muhammad Raha ini, kemajuan suatu lembaga atau instansi  salah satunya bertumpu pada peran Humas.

"Humas memiliki peran dan fungsi yang sangat vital di dalam suatu institusi atau organisasi, karena kehumasan merupakan bagian yang akan menyampaikan informasi-informasi mengenai kinerja, mengenai kebijakan dan juga bisa memberikan penjelasan dan klarifikasi jika ada opini publik yang negatif dan tidak sesuai dengan kondisi yang ada," jelas Alim yang juga seorang penulis dan pernah terjun di dunia jurnalistik.

Sementara itu, beberapa Kepala KUA yang hadir pada kesempatan ini, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut . Seperti yang dikatakan Kepala KUA Barangka, La Rekesi SAg yang mewakili KUA se Kab. Mubar.

"Pada dasarnya kami Kepala KUA sangat terbantu dengan kegiatan pelatihan Humas yang dilakukan Pengelola Humas Kemenag Mubar. Semoga melalui ini, kami bisa mempublikasikan setiap kegiatan, guna mendukung terlaksanannya program-program Kemenag," pungkasnya.

Pelatihan ini merupakan pertemuan perdana dari empat kali jadwal pertemuan yang direncanakan. Dimana, Kemenag Mubar menargetkan pelatihan Humas dilaksanakan sekali seminggu. (hra)

Sumber : -
Penulis : Wa Ode Asnani. S. IP
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 69 kali