Sabtu, 17 November 2018

Kemenag Muna Sosialisasi Peningkatan Kualitas TPQ Se Kecamatan Lasalepa

  • Kamis, 08 November 2018 13:07 WIB

Raha, (Inmas Sultra)--- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Muna Drs Muhammad Basri MPd membuka Sosialisasi Peningkatan Kualitas TPQ Se-Kecamatan Lasalepa, di Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Lasalepa, Rabu (7/11).

Dalam sambutannya Muhammad Basri menyinggung tentang peningkatan Kualitas TPQ yang tidak terlepas dari peran orang tua dan guru serta pembina TPQ.

"Dulu, ketika belajar mengaji pada waktu kecil begitu seringnya dipukuli baik oleh orang tuanya atau guru mengajinya, namun itu semata-mata hanya untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan terhadap baca tulis Al Qur'an," kenangnya.

Untuk menjadi seorang guru TPQ harus memiliki ilmu seorang guru, disamping itu memiliki standar atau ilmu mengajar (standar pedagogik) seperti halnya guru TPQ. Menurutnya, semua orang bisa mengajar tapi untuk menjadi seorang guru, tidak semua orang memiliki cara untuk mentransferkan ilmu yang dilmilikinya kepada murid atau anak didik.

"Terkait dengan kebijakan Pemerintah dalam pengembangan pendidikan yang berbasis Keagamaan, Kemenag Khusunya Kemenag Kab. Muna telah melaksanakan program Pemberantasan buta baca tulis Al Qur'an. salah Salah satunya melalui program unggulan Bupati Muna, ditandai dengan dikukuhkannya Kampung Al Qur'an disalah satu desa di Kecamatan Lohia dan di Kecamatan Tongkuno," bebernya.

Lanjut Muhammad Basri, sebagai pelaksana teknis di lapangan, KUA Kecamatan diharapkan mampu mengkoneksikan dan mensinergikan dengan pemerintah Kecamatan melalui Penyuluh Agama Islam dan Pembina TPQ yang ada di kecamatan tersebut Khususnya Kecamatan Lasalepa.

Terkait hal ini, Camat Lasalepa mengapresiasi semua kegiatan-kegiatan yang selama ini telah berjalan begitu baik, mulai kegiatan Majelis Ta'lim oleh ibu-ibu, pengajian anak-anak, bahkan remaja-remaja sudah mulai aktif untuk melakukan kegiatan di masjid.

Ini di karenakan suatu sinergitas dan komunikasi yang sangat baik yang telah dilakukan oleh Kepala KUA Kecamatan Lasalepa Kepada seluruh perangkat pemerintahan yang ada di Kecamatan Lasalepa, baik terhadap camat, Kepala Desa dan masyarakat khususnya yang berada di wilayah Lasalepa.

Kegiatan yang dihadiri Oleh Camat Lasalepa, Kasi Bimas Islam, KUA Kec. Lasalepa, Pembina TPQ serta Penyuluh Agama Islam PNS dan non PNS.(Rmd)

Sumber : -
Penulis : Wa Ode Asnani. S. IP
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 42 kali