Sabtu, 17 November 2018

Rangkaian Perkemahan Rohis, Kemenag Gelar Sarasehan Moderasi PAI

  • Rabu, 07 November 2018 23:24 WIB

Belitung, (Inmas Sultra) --- Rohis sebagai organisasi ekstrakulikuler keagamaan Islam yang berada didalam struktur kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tingkat SMA/SMK memiliki peran yang penting.

Selain diharapkan menjadi siswa yang memiliki akhlak yang baik, tentunya Rohis harus diberdayakan dan diarahkan agar mampu menjadi pemimpin bangsa yang mumpuni di masa yang akan datang.

Hal itu mengemuka saat Sarasehan Nasional yang mengusung tema Moderasi Pendidikan Agama Islam di Grand Hatika Hotel, Belitung, Rabu (7/11). 

Acara yang digagas Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Ditjen Pendidikan Islam ini dihadiri mantan Direktur PAI yang kini memasuki purna tugas Amin Haedari, Direktur PAI Rohmat Mulyana Sapdi, Kakanwil Kemenag Provinisi Bangka Belitung Rohmat Ridwan, dan Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah seluruh Indonesia. 

Turut hadir dalam sarasehan tersebut, Kabid Pendidikan agama dan keagamaan Islam kanwil Kemenag Sultra, H.M. Natsir dan rombongan.

Amin Haedari mengatakan kedepan Rohis harus diubah dari semula program menjadi gerakan (movement). Amin mencontohkan program Keluarga Berencana (KB). 

“KB awalnya program namun dapat menjadi sebuah gerakan karena itu menjadi kebutuhan,” ungkap Amin di awal paparan.

Kata dia, ciri-ciri sebuah gerakan adalah pertama harus masif, sehingga Kantor Wilayah memiliki peran penting. 

Kedua, dinamis. Menurutnya, Suatu gerakan harus berkembang, tidak statis sehingga harapannya Rohis harus mampu menjawab persoalan di masyarakat," terangnya.

Ketiga adalah aktif alias tidak menunggu dan ciri yang keempat adalah kreatifitas dan kelima adalah optimis," tandasnya.

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 39 kali